Selagi Masih Muda, Miliki 3 Skill Ini untuk Menyelamatkan Hari Tua Anda

Selama umur kita masih muda, barangkali kita sudah banyak bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bekerja itu bisa dilakukan entah itu di tempat yang kita sukai atau tidak kita sukai. Sambil menjalani apapun pekerjaan itu, pastikan kita memiliki skill yang berguna untuk hari tua. Apa saja skill yang bisa menyelamatkan hari tua Anda?  

 

1.Miliki Kemampuan Mengatur Finansial yang Baik

Ketika masih muda dan baru memiliki penghasilan sendiri, sebagian orang akan membelanjakan uangnya untuk keperluan konsumtif. Tapi, apakah sampai hari tua juga akan berjalan seperti itu? Itu akan tergantung dari bagaimana kita merencanakan hari tua kita. Hindari untuk bersikap boros, khususnya saat memasuki usia 30-an. Masa-masa ini merupakan periode yang banyak menyita uang, misalnya saat setelah menikah ada keperluan membeli rumah baru, punya anak, dan membiayai keperluan anak-anak.

 

2.Memiliki Kebiasaan Menabung

Jumlah tabungan yang perlu dipersiapkan untuk masa tua semakin besar seiring bertambahnya usia. Jika Anda menabung selagi masih muda, katakanlah usia 25 tahun, maka jumlah yang harus ditabung jauh lebih kecil dibandingkan Anda mulai menyiapkan dana hari tua Anda pada saat usia 35 tahun atau 45 tahun.

 

3.Memperhitungkan Biaya Hidup di Hari Tua

Menurut analisis dari Finansialku.com, pertama-tama Anda harus mengetahui total biaya hidup Anda selama satu bulan saat masih muda. Kemudian menghitung nilai masa depan dari biaya hidup Anda dengan menggunakan inflasi yang ada, sehingga Anda nantinya mendapatkan total biaya hidup selama sebulan di hari tua. Setelah Anda mendapatkan hasil perhitungan dana hari tua di masa depan. Maka Anda harus menghitungnya dengan berapa lama Anda akan menyiapkan dana tersebut

Jadi, apakah Anda sudah memikirkan tentang hari tua ketika masih muda? Apakah Anda sudah merencanakan dana hari tua Anda sejak Anda masih muda? Coba pikirkan akibatnya jika Anda tidak memikirkannya selagi Anda muda. Yang jelas, dengan kesiapan, kesempatan Anda lebih besar untuk dapat menikmati hari tua dan melakukan sesuatu yang selama ini Anda sukai.

 

Terlepas dari semua itu, tentu ini semua hanya soal rencana. Tidak ada yang tahu kita hidup sampai kapan. Tapi, tidak ada salahnya membuat rencana dan persiapan yang berdampak kebaikan.