Tren Kerja Jarak Jauh dan Beberapa Tips yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa tahun terakhir, kita telah melihat tren bekerja yang berubah. Dari jumlah pertambahan penduduk Indonesia yang dinyatakan dengan bonus demografis, kita pun sering mendengar kalimat bernada optimis. Peningkatan yang signifikan dalam tenaga kerja kita itu dipandang sebagai peluang yang baik di berbagai sektor.

Bekerja kini tidak hanya bekerja yang sifatnya ‘menetap’ di sebuah kantor, tapi juga bisa jarak jauh dan tidak terikat ruang dan waktu. Hal ini bisa terjadi karena perkembangan teknologi telah memberi kebebasan untuk bekerja di mana saja dan kapan saja. Inilah beberapa tips yang perlu Anda ketahui tentang kerja jarak jauh.

Banyak Pekerjaan yang Bisa Diselesaikan Secara Online

Angkatan kerja saat ini benar-benar dinamis. Seiring tren kerja jarak jauh terus berlanjut, semakin banyak perusahaan yang menawarkan kepada karyawan kemampuan untuk bekerja secara jarak jauh. Hanya segelintir pekerja yang benar-benar menghabiskan semua waktu mereka di dalam kantor dengan bekerja di bangunan yang disebut kantor itu. Menurut beberapa sumber, lebih dari separuh pekerja di Indonesia sebesar 64% bekerja dari luar lokasi kantor perusahaan selama setengah minggu atau lebih. Karena sebagian pekerjaan bisa diselesaikan secara online, maka wajar bila banyak orang kemudian lebih  fleksibel dalam bekerja.

Memperbaiki Sarana yang Digunakan

Sebelum membuat kebijakan kerja jarak jauh secara permanen, coba evaluasi kekuatan dan kemampuan infrastruktur atau sarana teknologi yang dipakai di perusahaan. Lakukan pengujian kualitas untuk komponen seperti kualitas koneksi internet dan kapasitas penyimpanan data. Ini penting untuk memastikan kecepatan dan keamanan dalam menangani operasi jarak jauh sehari-hari.

Tetap Menjaga Efisiensi

Orang yang bekerja jarak jauh memerlukan alat yang tepat untuk bekerja secara efisien. Bagaimanapun, komunikasi dengan tim tetap harus terjalin dengan baik. Perlu juga memilah mana jenis pekerjaan yang sekiranya efektif untuk dikerjakan di kantor, dan mana yang bisa dikerjakan jarak jauh. Pada akhirnya, bukan masalah di mana mengerjakan, tapi bagaimanakah pekerjaan itu tetap terselesaikan dengan baik.

Pencarian Terbaru: