Social Media Influencer: Strategi Marketing Kreatif dan Profesi Kekinian Generasi Muda

Aktivitas pembuatan konten di media sosial seperti Instagram, blog, dan khususnya Youtube, saat ini bukan lagi dipandang sebagai kerjaan sambilan. Bagi sebagian orang, konten di media sosial adalah alatnya untuk mendapat penghasilan. Tidak bisa diremehkan, aktivitas ini seperti sudah menjadi pekerjaan kekinian yang ditekuni generasi muda.

Menjadi Influencer di Media Sosial?

Memang benar, berkembangnya media sosial turut membuat profesi youtuber jadi magnet tersendiri bagi banyak orang. Ketika sudah memiliki audience yang setia dan jumlahnya signifikan, mereka bisa menjadi influencer. Ya, menjadi influencer di media sosial juga bisa menawarkan peluang bisnis yang menggiurkan.

Jika Anda adalah seorang pengguna berbagai media sosial, mungkin Anda mengikuti akun-akun populer. Akun tersebut memiliki followers yang banyak. Umumnya, akun populer itu mendapat perhatian tinggi di setiap unggahan (post) mereka. Selain post pribadi, mereka pun sering mengunggah macam-macam konten untuk mempromosikan suatu produk dan tentu saja mereka mendapatkan bayaran dari pemilik produk atas unggahan tersebut. Inilah yang kita kenal sebagai endorsement.

Ada banyak nama-nama influencer di Indonesia yang mengakui bagaimana awalnya menghasilkan uang dari media sosial. Sebenarnya dia tidak berniat menjadikan aktivitas di media sosialnya sebagai profesi, tapi hanya untuk bersenang-senang saja. Tapi karena banyak yang senang dengan konten yang dibuatnya, hal itu bisa menjadi peluang tersendiri.

Bagaimana Marketing yang Kreatif Itu?

Konten yang diunggah ke media sosial, entah itu video, tulisan, infografik, atau bentuk lain bisa menjadi strategi marketing kreatif. Ini juga ada kaitan dengan era di mana orang-orang menyukai cerita ketimbang iklan. Bagaimana mempromosikan produk tanpa terlihat jualan, itulah tantangan marketing kreatif. Ini bisa didukung oleh kreativitas si pembuat konten.

Perhatian seseorang akan teralihkan dalam delapan detik, jadi sangat penting untuk meng’gaet’ target audience kita secara cepat dengan gambar yang jelas dan bermakna yang tidak terlalu banyak embel-embel. Jadi, apakah Anda tertarik membuat strategi marketing kreatif melalui social media influencer?