Begini Strategi Marketing Efektif di Era Digital yang Bisa Melejitkan Brand Anda

 

Sering dengan pesatnya perkembangan bisnis online, khususnya yang ada di Indonesia, maka berkembang pula strategi marketing yang dilakukan para pemilik bisnis. Semakin dekatnya dunia maya dengan kehidupan sehari-hari kita, membuat era digitalisasi tidak bisa kita hindari.

Di era digital, para pelaku bisnis fokus pada cara-cara efektif soal  bagaimana memperbarui stategi bisnis agar mampu bertahan di era digital seperti sekarang ini. Media promosi adalah salah satu hal krusial yang mungkin mengalami perubahan drastis. Hal itu dimanfaatkan oleh pebisnis dalam melakukan berbagai terobosan.

 

Melejitkan Brand dengan Media Sosial

Pengguna media sosial semakin banyak. Setiap media punya karakteristik masing-masing. Jika Anda adalah seorang pengguna berbagai media sosial, mungkin Anda mengikuti akun-akun populer. Akun tersebut memiliki followers yang banyak. Umumnya, akun populer itu mendapat perhatian tinggi di setiap unggahan (post) mereka.

Selain post pribadi, mereka pun sering mengunggah macam-macam konten untuk mempromosikan suatu produk dan tentu saja mereka mendapatkan bayaran dari pemilik produk atas unggahan tersebut. Inilah yang kita kenal sebagai endorsement.

 

Fokus kepada Content Marketing

Menurut Joe Pulizzi, Content Marketing Institute, content marketing adalah sebuah teknik marketing berupa penciptaan dan pendistribusian konten atau isi yang relevan dan bermanfaat dengan maksud untuk menarik, mendapatkan, dan menjalin hubungan dengan target audience tertentu.

Tujuan akhirnya adalah menarik minat konsumen untuk membeli produk kita. Selain dalam bentuk tulisan, content marketing dapat disajikan dalam bentuk foto, gambar atau ilustrasi. Karena banyak orang yang lebih tertarik dengan unsur visual ketimbang hanya teks semata. Content marketing juga bisa dalam bentuk infografik. Infografik sendiri juga tidak melulu soal angka statistik saja, tapi juga dapat berbentuk skema, atau bagan yang mudah dimengerti, seperti kerangka berpikir.

 

Satu Hal yang Diperhatikan dalam Strategi Marketing di Era Digital

Seperti dikutip dari digitalpreneur.id, seiring berkembangnya teknologi smartphone, sekarang orang-orang beralih menggunakan internet dengan menggunakan smartphone.

Nah seharusnya untuk menjaring pengunjung yang menggunakan smartphone, website anda juga harus didesain sesuai dengan smartphone yang dimiliki oleh orang-orang. Tentunya website atau situs yang mobile friendly harus menjadi syarat utama untuk meningkatkan banyak pengunjung website Anda.

Meningkatnya jumlah pengguna smartphone dan produk gadget lainnya, mendorong para pelaku bisnis toko online untuk mulai menyesuaikan strategi pemasaran yang mereka jalankan. Untuk meningkatkan jumlah pengunjung, tentunya Anda harus merancang sebuah website yang mobile friendly.