Tips untuk Mahasiswa yang Ingin Mulai Membuka Bisnis

Diposting pada



Tips untuk Mahasiswa yang Ingin Mulai Membuka Bisnis

Tentu sudah cukup sering kita mendengar kabar tentang lulusan perguruan tinggi yang menganggur setelah lulus kuliah. Terlepas dari masalah-masalah sistem pendidikan atau justru masalah yang dialami oleh individu mahasiswa itu, pemerintah kemudian gencar menggaungkan konsep wirausahawan muda.


Langkah ini merupakan salah satu solusi untuk mengantisipasi adanya pengangguran terdidik dan bergelar akademik. Berikut ini adalah tips untuk mahasiswa yang ingin membuka bisnis.

Melihat Tren yang Berkembang

Seiring jaman yang berubah, maka kebutuhan dan selera orang juga berubah. Khususnya bisnis di kalangan mahasiswa yang notabene adalah generasi milenial. Yang perlu diketahui adalah nilai-nilai dan gaya hidup orang-orang yang menjadi target pasar adalah mereka yang memiliki akses terhadap informasi.

Apa yang mereka lakukan bisa saja dipengaruhi oleh informasi global yang melintas batas-batas negara sehingga selera mereka pun sesuai dengan informasi yang mereka akses.

Kesiapan untuk Melakukan Inovasi

Masuknya pengaruh global di kalangan generasi muda turut mempengaruhi perkembangan bisnis di Indonesia. Untuk mempersiapkan para pebisnis muda dalam menghadapi tantangan saat ini, maka dibutuhkan kesiapan untuk melakukan inovasi. Inovasi sendiri ada beberapa tahapan. Yang biasa dipraktikkan pebisnis yang sudah sukses adalah prinsi ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) pada bisnis yang sudah lebih dulu dijalankan orang lain.

Tahap pertama adalah tahap mengamati. Tahap kedua adalah meniru. Tahapan kedua ini sebaiknya langsung diikuti dengan modifikasi, di sinilah terjadinya proses penambahan nilai untuk bisnis tersebut.

Memanfaatkan Teknologi

Bisnis apapun tidak lepas dari yang namanya pesaing atau kompetitor, yaitu orang atau kelompok lain yang menjalankan hal serupa. Adanya kompetitor mestinya bisa memacu untuk bisa membuat langkah yang lebih strategis. Langkah itu bisa berupa pemanfaatan teknologi dalam bisnis.

Ada banyak forum jual beli online yang menawarkan kemudahan transaksi bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa yang ingin mulai punya bisnis. Fasilitas online inilah yang bisa memperluas pasar yang tidak hanya lingkungan teman-teman kampus, tetapi juga kepada pelanggan lain di dunia maya.

Itulah tips untuk mahasiswa yang ingin mulai membuka bisnis. Salah satu aspek yang perlu dikuasai untuk menjalankan bisnis agar bisa berjalan bekelanjutan adalah bagaimana menghasilkan profit.

 

Strategi itu dapat Anda pelajari mulai dari seminar Profit Booster dari iBizCOACH pada bulan Oktober 2017. More info: 08112652244.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar