Tahun 2019 di Depan Mata, Berubah Atau Stagnan

Momen pergantian tahun menjadi waktu yang banyak diisi dengan harapan-harapan baru. Sebagian harapan itu berupa perbaikan dari langkah yang sudah dibuat, sebagian lainnya berupa perubahan strategi dalam menjalani hidup secara umum.

Barangkali Anda pernah berpikir untuk membuat perubahan. Entah itu perubahan di lingkungan terdekat atau bahkan di level yang lebih luas. Tapi sebagian besar orang mungkin berhenti di kegelisahan yang sama: harus mulai dari mana?

 

Sudahkah Memahami Situasi Diri?

Bisa jadi masalahnya adalah karena ia belum memahami situasi diri. Situasi diri dalam hal ini bukanlah hal yang rumit, tapi hanya butuh kejernihan pikir untuk mengurainya. Ini adalah tentang makna, meaning, purpose, misi, atau apa saja sebutan lainnya mengarah ke cita-cita jangka panjang.

Seperti yang sudah dialami semua orang yang berhasil di bidangnya, keberhasilan mereka mencapai goal tertentu adalah dimulai dengan mengetahui posisinya: seperti apa jalan mereka? Sedang di mana mereka? Lalu ke mana mereka akan menuju?

 

Berubah atau Stagnan?

Ketika sempat menengok ke belakang, seperti apa kehidupan Anda selama ini? Mungkin saja  terlintas di pikiran dominan Anda kalimat-kalimat semacam ini; “Saya sadar tidak ada yang sempurna, tapi saya sudah menjalani hidup sebaik-baiknya” , “Saya bersyukur dengan yang apa yang saya dapat saat ini” Atau seperti ini: “Hidup saya mengalir saja…”

Segala sesuatu ada masanya. Ada yang berlangsung lama, ada yang cepat berlalu. Sesuatu yang terjadi di kehidupan bukanlah peristiwa sifatnya ‘menetap’. Tantangan berubah, gaya hidup berubah, dan juga orang-orang yang datang dan pergi. Siap atau tidak, perubahan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan keseharian kita.

Perubahan ialah keniscayaan. Tidak dapat dihindarkan selama kita hidup. Cara orang merespon perubahan juga berbeda-beda. Ada yang santai dan mengalir, tapi juga banyak yang menganggapnya sebagai suatu hal yang menakutkan.

Semua kembali ke diri sendiri. Mau berubah atau stagnan? Bahkan perubahan pada mindset kita akan mengubah banyak hal. Ketika mindset berubah, tentunya sikap juga ikut berubah. Pertanyaannya adalah: adalah bagaimana kita menyikapi suatu perubahan?

Yang penting jangan berdiam diri, lalu menolak atau berpura-pura tidak tahu tentang apa yang sedang terjadi. Dan perubahan segala sesuatu itu tidak untuk dihindari. Ambil bagian untuk mengatasi masalah, dan mengendalikan perubahan yang terjadi.

Ikuti “Seminar Evaluation & Success Plan For Next” dari iBizCOACH hari Kamis 27 Desember 2018. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.