Cara Terbaik Menyikapi Kegagalan

Sejauh yang Anda ingat, kapan Anda menyadari bahwa Anda mengalami kegagalan? Lalu apa reaksi Anda? Bukan hanya mengikuti saran umum untuk bangkit dan coba lagi, ternyata ada satu fase yang mungkin kita sering lupakan yaitu penerimaan diri. Ketika mengalami kegagalan untuk suatu hal, macam-macam reaksi dari dalam diri bisa muncul.

Pertama, ada kesan pemakluman ‘bahwa diri sendiri memang belum cukup kompeten’. Sikap ini yang cenderung berbahaya karena menurunkan penilaian atas diri sendiri. Padahal belum sepenuhnya analisis masalah itu dilakukan. Siapa tahu hanya karena satu strategi yang belum tepat.  

Kedua, adalah sikap tangguh yang tidak menyerah sebelum benar-benar tercapai. Tapi ini juga agak riskan karena bisa saja ia dipengaruhi faktor emosional yang merasa ingin membuktikan pada orang lain. bahwa ia bisa mencapainya, apapun  rintangannya. Gagal coba lagi gagal coba lagi, sampai berhasil. Tapi apakah memang itu dibutuhkan oleh diri kita?

Ketiga, adalah penerimaan diri. Bagaimanapun kita tidak bisa mengatur dunia menjadi seperti bagaimana maunya kita. Ikhtiar dan doa itu wajib. Tapi memahami dan menerima diri sebagaimana adanya pun menjadi list tersendiri untuk menjadi seorang hamba Tuhan. Ada saatnya kita dihadapkan dengan fakta bahwa diri kita belum mampu melakukan sesuatu dengan baik. Tapi yang perlu diingat adalah itu tidak mengurangi ‘nilai’ diri, ketika memang seluruh upaya dan doa sudah dikerahkan. Penerimaan pada diri sendiri menunjukkan bagaimana orang lain harus memperlakukan. Akui kekurangan yang dimiliki. Itu adalah konsep kedewasaan yang perlu dimiliki setiap orang.  

 

Memandang diri secara positif

Mengingat hal-hal apa saja yang selalu membuat kita bahagia melakukannya. Buka mata dan buka hati untuk kembali menyelaminya, rasakan kembali setiap momen mulai dari yang sangat berkesan hingga yang terkecil sekalipun. Ingat-ingat yang mana di antaranya yang sampai hari ini masih membuat jiwa Anda merasa bangga. Coba pandang diri secara positif dan bersiap untuk memulai petualangan berikutnya.

Ikuti “Seminar Evaluation & Success Plan For Next” dari iBizCOACH hari Kamis 27 Desember 2018. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.