4 Hal yang Menjadi Kunci untuk Menemukan Tujuan Terpenting Hidup

 

Setiap makhluk diciptakan olehNya dengan suatu tujuan. Barangkali kita pernah berpikir untuk mencapai tujuan terpenting melalui apa yang kita lakukan sehari-hari. Tapi sebagian kita memiliki pertanyaan yang sama: Mulai dari mana? Kalau sudah seperti itu, bisa jadi masalahnya adalah karena kita belum memahami situasi diri.

 

1.Mulai dengan Memahami Situasi Diri

Situasi diri dalam hal ini bukanlah hal yang rumit, tapi hanya butuh kejernihan pikir untuk mengurainya. Ini adalah tentang makna, meaning, purpose, misi, atau apa saja sebutan lainnya mengarah ke cita-cita jangka panjang. Itulah yang perlu kita temukan di dalam diri.

Dalam hal ini, kita pilih kata purpose yang mewakili maksud atau tujuan. Seperti yang sudah dialami semua orang sukses di muka bumi, keberhasilan mereka mencapai goal tertentu adalah dimulai dengan mengetahui posisinya: seperti apa jalan mereka? Sedang di mana mereka? Lalu ke mana mereka akan menuju?

 

2.Tidak Perlu Terlalu Banyak Berpikir

Daripada berpikir berlebihan tentang hal-hal besar seputar makna hidup, lebih baik tetaplah bergerak melakukan sesuatu. sesekali mungkin akan bertanya: apakah usaha ini akan berhasil? Bagaimana kalau mencoba yang lain? bagaimana kalau saya tidak cocok dengannya? Apakah yang saya kerjakan ini disukai orang? Apakah ia menghasilkan banyak uang? Just do it!

 

3.Selalu Berikan Action Terbaik

Membuat keputusan besar untuk mencapai maksud dan tujuan hidup (purpose of life) tentu tidak selesai kalau tidak bergerak melakukan sesuatu. ya, sesuatu yang bisa dilakukan saat ini, mulai dari lingkungan yang paling dapat dijangkau. Action adalah saat di mana kita mendapatkan suatu hasil, entah itu pencapaian atau penerimaan.

 

4.Pahami Tujuan Terpenting Hidup Anda

Ketika Anda menengok ke belakang, seperti apa kehidupan Anda selama ini, mungkin saja  terlintas di pikiran dominan Anda kalimat-kalimat semacam ini; “Saya sadar tidak ada yang sempurna, tapi saya sudah menjalani hidup sebaik-baiknya”, “Saya bersyukur dengan yang apa yang saya dapat saat ini” Atau seperti ini: “Hidup saya mengalir saja…”

Lalu coba Anda tanyakan ke diri sendiri, apakah yang menjadi kesibukan Anda saat ini sudah mengarah ke tujuan jangka panjang? Apapun profesi, peran, dan tanggung jawab Anda sehari-hari, atau rencana jangka panjang Anda, pastinya ada alasan mengapa Anda berada di posisi yang sekarang ini.