4 skill komunikasi

Sebagai orang yang menjalankan bisnis atau usaha produktif di bidang apapun, Anda tidak lepas dari aktivitas menciptakan ide, merumuskan rencana dan menjalankan proses bisnis. Tapi tidak hanya itu, Anda pun akan sering bertemu dengan banyak orang, entah itu pelanggan, relasi bisnis, maupun tim Anda sendiri.

Untuk keperluan-keperluan tertentu, Anda tentu berkomunikasi dengan mereka. Karena itulah Anda harus memahami apa yang dimaksud oleh mereka. Ada sejumlah skill komunikasi efektif yang sebaiknya dikuasai ketika Anda berbisnis, dan berikut adalah 4 hal di antaranya;

Kemampuan Kepemimpinan

Sebelum bicara soal komunikasi efektif, sebenarnya hal penting untuk dimiliki adalah kemampuan dalam hal kepemimpinan. Seorang pemimpin bukan hanya memiliki tanggungjawab atas tim dan pekerjaannya, tapi juga harus bisa menginspirasi orang melalui pesan positif disampaikan setiap harinya. Pemimpin harus bisa menanamkan keyakinan dan kepercayaan serta semangat di dalam tim.

Body Language yang Tepat

Selain komunikasi secara verbal, komunikasi juga mencakup komunikasi non verbal. Yang termasuk ke dalam komunikasi non verbal adalah bahasa tubuh atau sering disebut body language. Poin ini ternyata menyumbang sebagian besar kesuksesan dalam penjualan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah ketulusan dalam memberikan informasi produk dan menjelaskan detail produk. Dengan merubah semua pikiran bahwa kita melakukan semuanya demi kebaikan prospek, maka kita akan memiliki ketulusan yang tinggi. Ketulusan ini yang akan menolong kita tetap tegar saat ditolak sekalipun.

Kemampuan Mendengarkan

Ternyata mendengar itu tidak kalah penting dari berbicara. Komunikasi bukan hanya tentang bagaimana kita berbicara, tapi juga bagaimana kita yang menjadi seorang pendengar. Mendengarkan secara aktif dapat membantu Anda lebih efektif dalam berkomunikasi, persentasi dan sebagainya. Anda pun akan tampak lebih bijaksana, serta menunjukkan empati yang membuat orang mau mendengarkan ketika Anda berbicara. Itulah mengapa mendengar menjadi keterampilan komunikasi yang begitu penting.

Skill Menulis

Mengapa menulis itu penting untuk Anda yang menjalankan bisnis? Ini ada hubungannya dengan iklan yang Anda buat. Semua produk atau jasa yang dijual tentunya butuh iklan. Nah, pada iklan itu terdapat script yang ketika dibaca bisa menimbulkan penasaran para calon pembeli. Ada baiknya Anda menguasai keterampilan menulis banyak konten marketing, mulai dari email pemasaran, landing page, blog sampai dengan website.

Itulah skill yang perlu dikuasai saat Anda menjalankan bisnis. Ingin meningkatkan skill lainnya khususnya untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa Anda?

 

Ikuti seminar hypnoselling pada tanggal 27 September 2017 di Aston Solo Hotel. More info: 08112652244.