5 Cara Ini Terbukti Berhasil Mengembangkan Bisnis melalui Instagram

 

Saat ini banyak orang memanfaatkan media sosial bukan hanya untuk berbagi momen personal, tapi juga untuk berbisnis online. Instagram adalah salah satu media sosial yang banyak dipilih pengguna media sosial untuk menawarkan produk dan jasa mereka.

Karena mudahnya cara berjualan melalui Instagram, banyak orang yang kemudian tertarik membuka toko online. Tidak bisa dihindari, banyak macam toko online yang mirip satu sama lain. Jika bisnis tersebut tidak punya sesuatu yang unik dan berbeda, tentunya itu tidak menarik. Jadi, cara apa saja yang berhasil mengembangkan bisnis melalui Instagram?

 

1.Mengaktifkan Akun Bisnis

Selain terlihat profesional, akun bisnis di Instagram juga membantu untuk mengamati performa akun Anda. Sebab Anda bisa mengetahui demografi para pengikut akun Anda (gender, usia, kota, negara), mengetahui jumlah impression pada setiap postingan, jumlah kunjungan ke profil Anda, dll. Akun bisnis di Instagram pun bisa menyasar pasar yang tepat.

 

2.Menambah Jumlah Followers

Jumlah followers bisa menjadi daya tarik tersendiri. Banyak cara instan untuk menambah followers di Instagram, mulai dari aplikasi sampai membeli followers. Tapi cara-cara tersebut tidaklah berpengaruh secara signifikan. Cobalah lebih aktif berinteraksi, yaitu dengan sering- sering berkomentar atau sekedar memberi likes di akun tertarget. Sesekali adakan kuis berhadiah dengan meminta partisipan untuk men-tag teman dan mengikuti akun Anda. Langkah tersebut bisa lebih memungkinkan untuk berhasil mendatangkan konversi.

 

3.Bekerjasama dengan Influencer

Tidak jarang, orang yang berbelanja itu akan melihat orang lain yang merekomendasikan. Ketika seseorang yang berpengaruh (influencer) menggunakan suatu produk, sangat mungkin orang lain akan penasaran. Barangkali Anda sudah paham, begitulah cara kerja endorser. Agar strategi ini berhasil, coba lakukan riset beberapa akun yang punya banyak followers riil dan siap untuk Anda ajak kerja sama.

 

4.Berbagi Konten Positif dan Menarik

Meskipun akun bisnis Anda dibuat untuk berjualan melalui toko online, tapi konten yang diposting bukan hanya jualan saja. Jelas, itu akan membuat audiens bosan. Coba secara berkala Anda pun aktif melakukan posting konten positif dan menarik, misalnya quote, meme inspiratif, foto lucu, dan sejenisnya.  Anda bisa memfollow akun lain dulu, khususnya akun-akun riil dan tertarget atau yang berpotensi menjadi calon customer Anda.

 

5.Perhatikan Impression Akun Bisnis Anda

Konversi terjadi pada saat orang-orang merasa membutuhkan apa yang Anda tawarkan. Bagaimana bisa mengetahui kalau apa yang Anda tawarkan itu dibutuhkan? Jika masih baru, coba lihat aktivitas akun Anda. Berapa followersnya? Bagaimana impression-nya?

Bukan sekadar cari perhatian, tapi impression berbanding lurus dengan keberhasilan bisnis Anda. Dapatkan impression yang maksimal dan kelola dengan baik impression tersebut dengan tetap membagikan konten yang menarik dan bermanfaat.