Menghadapi Era Digital, Begini Plus Minus Berjualan dengan Instagram yang Perlu Anda Pahami

 

Perkembangan berbagai media sosial ikut mempengaruhi model berbisnis yang ada di sekitar kita, khususnya bisnis yang dijalankan melalui internet. Di era digital saat ini banyak orang yang memanfaatkan media sosial untuk menawarkan produk dan jasa mereka, dan Instagram adalah salah satu media sosial yang banyak dipilih pengguna media sosial untuk berjualan online.

Jika sebelumnya Instagram hanya dimanfaatkan sebagai galeri foto, maka tidak demikian dengan sekarang. Banyak orang membuka toko online (online shop/olshop) di Instagram dengan berbagai macam produk yang ingin ditawarkan.

 

Bisa Membuat Profil Bisnis

Selain terlihat profesional, akun bisnis di Instagram juga membantu untuk mengamati kinerja akun Anda. Sebab Anda bisa mengetahui demografi para pengikut akun Anda (gender, usia, kota, negara), mengetahui jumlah impression pada setiap postingan, jumlah kunjungan ke profil Anda, dll.

 

Tampilan yang Menarik

Faktanya, berjualan di Instagram berarti kita jualan konten, baik gambar, video, maupun caption yang menarik. Anda pun bisa mengatur display produk sedemikian rupa, yang simpel tapi tertata secara visual. Jangan khawatir jika belum cukup berbakat dalam mengedit foto. Fasilitas filter foto di Instagram cukup membantu memaksimalkan tampilan foto produk yang diunggah.

 

Hashtag Sangat Membantu

Melalui pemakaian hashtag atau tanda pagar, konten Anda jadi lebih mudah ditemukan oleh para pengguna, bahkan yang belum mengikuti akun Anda. Tentu saja ini bisa jadi peluang untuk bisa terhubung dengan konsumen baru. 3 poin tersebut adalah bagian plus ketika berjualan dengan instagram. Bagaimana dengan bagian minusnya?

 

Banyak Komentar Spam

Kalau Anda terbiasa memakai instagram, entah untuk bisnis atau sekadar untuk bersenang-senang, mungkin Anda bisa menemukan spam di mana-mana. Banyaknya akun-akun robot yang bisa memberi komen otomatis, bisa memenuhi kolom-kolom komentar Instagram. Meskipun bisa dihapus, tapi ini cukup mengganggu.

 

Terbatasnya Deskripsi Bio

Untuk bisa membuka alamat website, harus membuka profilnya terlebih dahulu untuk melihat ‘deskripsi bio’. Tidak langsung bisa klik di bagian caption. ‘Deskripsi bio’ sendiri juga terbatas jumlah karakternya. Paling tidak, tuliskan apa yang Anda jual, nomor yang dapat dihubungi, website kalau ada, dan kalau perlu nama akun media sosial yang lain.

Anda yang sudah pernah berjualan dengan Instagram, apa saja pengalaman Anda? Share di kolom komentar. Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan dalam hal marketing, ikuti Seminar Bisnis dari IbizCOACH ‘Marketing Transformation’ pada tanggal 18 Juli 2018 di Novotel Solo. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!

 

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!