Bisakah Seorang yang Berkepribadian Introvert Menjadi Sales yang Sukses? Begini Penjelasannya

 

Apakah Anda cenderung menyukai keramaian dan aktivitas dengan orang banyak? Atau sebaliknya: memilih menarik diri dari kerumunan dan menikmati kesendirian? Jika Anda sepakat dengan yang pertama, kemungkinan besar Anda adalah seorang ekstrovert yang umumnya merasa lebih berenergi ketika berkumpul dengan kegiatan dan dunia luar. Jika Anda merasa lebih cocok dengan yang kedua,berarti Anda seorang introvert.

Sudah banyak ahli psikologi yang menganalisis hal ini. Banyak pula miskonsepsi terkait karakter ekstrovert dan introvert. Pada dasarnya, tidak ada yang lebih baik di antara keduanya, dan kita semua bisa saja menjadi introvert atau ekstrovert, tergantung pada situasi. Terkait profesi orang-orang introvert di dalam bisnis, bisakah mereka menjadi sales yang sukses?

 

Karakter Sales-person yang Sukses Itu Seperti Apa?

Sebelumnya, kita pahami dulu karakter sales-person yang sukses. Setidaknya ada 4 poin yang perlu dimiliki.

1.)Bisa bekerja dengan target dan tidak mudah menyerah,

2.)Selalu optimis dan fokus pada solusi dari setiap tantangan yang dihadapinya.

3.)Mempunyai kemampuan negosiasi dan komunikasi yang baik,

4.)Percayaan diri untuk menjalin hubungan dengan orang-orang baru, entah itu calon pelanggan ataupun calon mitra kerja.

 

Introverts di Bidang Sales?

Seorang yang introvert bisa saja bekerja di bidang sales. Tapi, perlu diketahui bahwa sales-person tidak dapat dipisahkan dengan orang-orang dan situasi yang menuntut sikap terbuka, juga banyak bicara.

Nah, terlepas dari kecenderungan yang dimiliki, seorang introvert punya bagiannya sendiri untuk sukses di bidang bisnis. Secara praktis, mereka adalah orang-orang di balik layar yang akrab dengan pemikiran dan konsep tentang suatu gagasan.

Daripada memaksakan diri untuk melakukan sesuatu yang bertentangan dengan nalurinya, lebih baik lakukan sesuatu yang sesuai dengan kepribadiannya. Seorang introvert bisa menjadi sales-person yang sukses tanpa harus bertemu langsung dengan orang-orang.

Mereka bisa menempatkan diri menjadi online sales-person, telemarketer, online marketeer, dan sejenisnya. Apalagi di era digital seperti sekarang di mana segala sesuatunya bisa dijalankan dengan internet, orang ekstrovert maupun introvert di dalam bisnis bisa berkolaborasi dengan ambil bagian sesuai kemampuan terbaiknya.  

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Selasa,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Selasa,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!