5 Cara Meningkatkan Prestasi Kerja yang Cemerlang

 

Prestasi kerja dapat diartikan sebagai hasil yang dicapai seseorang menurut ukuran yang berlaku untuk pekerjaan yang bersangkutan. Sebagaimana hampir semua orang senang mencapai prestasi, begitu juga perusahaan kepada karyawannya. Sebaiknya jangan anggap sepele hal ini jika ingin memiliki prestasi kerja yang cemerlang.

 

Gunakan Social Media secara Bijak

Jujur saja, pasti Anda pernah saat bangun tidur yang dicari pertama adalah hp. Tujuannya? Kalau tidak mematikan alarm mungkin mengecek notifikasi social media. Berdasarkan hasil sebuah survei, rata-rata pengunaan social media di Indonesia mencapai 2 jam 54 menit. Dari data tersebut bisa menjadi perhatian tersendiri bahwa social media merupakan salah satu hal yang bisa mengurangi tingkat produktivitas. Karena itu, gunakan social media secara bijak, khususnya jika ingin memiliki prestasi kerja yang cemerlang.

 

Perlukah Multitasking?

Multitasking terlihat sebagai keahlian yang hebat karena dianggap bisa mempersingkat waktu untuk mengerjakan beberapa hal sekaligus. Tapu faktanya, multitasking justru dapat menurunkan tingkat produktivitas. Bukankah kita bekerja perlu fokus? Makin banyak pekerjaan yang dikerjakan sekaligus, makin besar kemungkinan melakukan kesalahan dalam pekerjaan-pekerjaan tersebut. Lebih baik kerjakan pekerjaan satu per satu agar hasilnya lebih optimal.

 

Hindari Buang-buang Waktu dengan Rapat

Rapat memang penting sebagai momen pertemuan rutin untuk melakukan koordinasi tim, umumnya setiap pekan. Pastikan memiliki catatan yang spesifik pada setiap rapat. Rapat yang hanya sebagai formalitasdan tidak memiliki agenda justru akan buang-buang waktu.

 

Menunda-nunda Pekerjaan

Karena berbagai alasan, sebagian orang cenderung menunda pekerjaannya. Bukan berarti malas, seseorang bisa saja menunda pekerjaan karena menunggu momen yang pas untuk mengeksekusi sesuatu. Akhirnya apa yang terjadi? Terlena dengan keinginan menemukan waktu yang tepat, justru banyak hal yang tertunda. Padahal sebenarnya bisa dilakukan saat itu juga.

 

Apakah Masih Sempat Mengembangkan Diri?

Tidak dipungkiri, sebagian orang yang sibuk bekerja tidak sempat untuk mengembangkan diri. Entah karena kesibukan yang terlalu banyak atau memang mereka merasa tidak butuh. Padahal mengembangkan diri dengan meningkatkan ilmu dan wawasan adalah tugas seumur hidup. Kerja apapun juga dalam rangka meningkatkan kualitas hidup yang dijalani dan mensyukuri pemberian Tuhan.