5 Sikap Ini Pasti Dimiliki Seorang Pemimpin, Apakah Anda Memilikinya

 

Setiap orang pada dasarnya memiliki naluri kepemimpinan. Sebagaimana kita ketahui, kepemimpinan adalah bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain untuk alasan yang bermanfaat. Tentunya alasan itu disepakati oleh semua anggotanya. Seorang pemimpin haruskan untuk mampu bersikap tegas dan mendukung segala aspek pemicu keberhasilan tujuan kelompok.

Dalam menjalankan fungsinya, pemimpin berfungsi sebagai penggerak anggota di suatu kelompok, jadi mereka diharuskan untuk mampu mendukung segala hal baik yang menjadi faktor dari tercapainya suatu tujuan kelompok. Bagaimana dengan sikap seorang pemimpin di berbagai bidang? 5 sikap ini pasti dimiliki seorang pemimpin, apakah Anda memilikinya?

 

1.Keberanian

Keberanian adalah salah satu sikap mendasar yang harus dimiliki seorang pemimpin. Keberanian bisa terbentuk dari latihan-latihan dan ujian-ujian kehidupan yang menempa. Pemimpin yang tidak pernah diuji dalam situasi sulit tentunya akan berbeda kadar keberaniannya menghadapi permasalahan dengan mereka yang melalui banyak ujian.

 

2.Punya Tujuan yang Sangat Jelas

Tidak hanya berani, pemimpin juga perlu memiliki tujuan yang jelas agar semua anggota tim mengetahui apa yang hendak mereka capai bersama-sama. Selain tujuan bersama, setiap pemimpin perlu mengatur ritme kerja. Mengapa itu penting? Karena ini berpengaruh dengan kekompakan tim yang terjaga sehingga tidak kehabisan atau kekurangan tenaga di tengah-tengah perjalanan.

 

3.Memberikan Value

Value seorang pemimpin adalah menginspirasi timnya untuk melakukan sesuatu seolah-olah kemauan mereka sendiri. Pemimpin itu lebih dari sekadar sebuah posisi, melainkan sebagai sebuah amanah seseorang untuk melakukan sebuah tindakan yang membuat kehidupan dirinya dan lingkungannya menjadi lebih baik.

 

4.Berikan Tantangan, Bukan Sekadar Perintah

Perintah itu berbeda dengan tantangan. Seringkali orang yang mendapat perintah merasa terbebani. Beda dengan mendapat tantangan, mereka lebih  bersemangat untuk menunjukkan yang terbaik. Jadi sebagai pemimpin harus bisa memberi tantangan agar timnya berkembang.

 

5.Menciptakan Suasana Positif

Tugas pemimpin memang tidak ringan, jadi sudah seharusnya seorang pemimpin selalu menciptakan suasana positif. Dengan situasi positif, ti akan lebih kreatif dan lebih mudah memunculkan gagasan yang inovatif. Ingat bahwa energi positif itu menular, dan juga sebaliknya.

Pencarian Terbaru: