Inilah 6 Pola Pikir Pengusaha yang Tidak Dimiliki Setiap Orang

Pola pikir Anda bisa menentukan sebagian besar capaian yang akan Anda raih dalam bisnis maupun hidup secara umum. Berikut ini adalah pola pikir pengusaha yang tidak dimiliki orang kebanyakan.

 

1.Bertanggung jawab (Responsible)

Pertama, kita perlu bertanggung jawab pada diri, jangan lempar masalah apalagi menyalahkan orang ladin (blaming others). Satu contoh kecil tadi pagi bangun jam berapa? Seorang entrepreneur mestinya bangun lebih pagi dan bergegas menjemput rezekiNya. Tuhan membagikan rezekiNya di pagi hari. Berkaryalah, memberi manfaat untuk umat.

 

2.Berorientasi pada Sistem

Sudahkah Anda membuat sistem untuk perusahaan Anda? Bicara sistem di bisnis Anda. Dengan kata lain, sistem adalah tentang bagaimana usaha Anda untuk memudahkan kehidupan Anda. Bagaimana melakukan nya? Sederhana saja, misalnya dengan meletakkan barang-barang pada tempat nya sehingga Anda lebih mudah mencarinya saat dibutuhkan. Bahkan cara Anda meletakkan barang-barang di tempat tinggal Anda itu ada hubungannya dengan kemudahan dalam menjemput rezeki.

 

3.Optimis

Pernahkah Anda menyaksikan ketika orang lain terlihat lebih berhasil? Ketika Anda optimis, maka inilah pemikiran yang muncul di benak Anda: “Kalau mereka bisa, saya juga bisa.” Kita tahu, Tuhan menciptakan diri kita sebagai satu dari sekian juta sel sperma. Itu artinya Anda pun dipersiapkan untuk menjadi pemenang.

 

4.Positive Thinking

Ketika Anda mengingat kejadian di masa lalu, bagaimana kesan dalam benak Anda? Ketika Anda memikirkan sesuatu, maka hal itu menjadi kenyataan. Pernahkah Anda mengalaminya? Apa yang terjadi ketika Anda mengubah sikap negatif menjadi positif?  Ketika bisnis Anda gagal lakukan instrospeksi, bersikap optimis, lihat sesuatu yang harus Anda ubah dalam diri.

 

5.Creating Leaders

“The true leaders don’t create follower. They create more leaders” mungkin Anda cukup familiar dengan quote tersebut. Hal ini karena aktivitas bisnis tidak bisa dilakukan sendiri. Ketika membangun sebuah perusahaan pastikan Anda bisa mendelegasikan kepada tim Anda. Tujuan creating leaders adalah mengedukasi tim agar lebih amanah dalam  Anda bisnis Anda auto pilot. Saat Anda tidak ada, bisnis Anda tetap berjalan.

 

6.Seimbang (Balance) dalam Aktivitasnya

Mengapa Anda perlu mengerjakan bisnis Anda secara seimbang? Karena ketika Anda hanya fokus dengan bisnis, bagaimana dengan keluarga Anda yang membutuhkan perhatian. Nah ketika Anda fokus kepada keluarga, ingat bahwa hidup Anda dan keluarga juga butuh biaya.

Keseimbangan juga berlaku untuk diri Anda sendiri, khususnya kepada kesehatan Anda. Mencintai pekerjaan itu penting, tapi jangan sampai lupa merawat diri, misalnya dengan olah raga. Dengan bekerja dengan seimbang, Anda tentu lebih bisa menikmati hari tua. Itulah pola pikir pengusaha yang tidak dimiliki orang kebanyakan.

Apakah Anda sudah memilikinya? Kabar baiknya, Anda belum terlambat untuk membangun pola pikir pengusaha itu.

 

Ikuti Workshop iGAME (iBiz Gerakan Anak Muda Entrepreneur) pada tanggal 28-30 April 2018.  

 

Info lebih lanjut hubungi 08112652244.