Sebuah Seni Bersikap saat Belum Ada Kepastian

Sebagian orang menyukai hal-hal yang pasti, di saat sebagian lainnya memilih menghadapi situasi yang penuh tantangan. Ini bisa berlaku bagi kehidupan pribadi maupun profesional. Titik temu dari semua itu adalah tentang kemampuan beradaptasi (adaptability) sebagai sebuah seni bersikap saat belum ada kepastian. Jika Anda seorang pebisnis maka beradaptasi adalah suatu kewajiban untuk kelangsungan perkembangan bisnis Anda

 

Menjadi Pembelajar Cepat

Menjadi pembelajar cepat di sini tidak sama lagi dengan yang kita alami di bangku sekolah. Masing-masing murid akan berkompetisi mendapatkan peringkat terbaik. Tapi di dunia akademik ukurannya jelas, baik dalam segi waktu maupun standar penilaian. Bagaimana dengan dunia nyata? Katakanlah di dunia kerja sebagai bahan membuat strategi.

 

Adaptasi sebagai Entrepreneur

Untuk bisa bersaing terhadap kompetitor lain dari zaman modern, sekarang sangat diperlukan sumber daya manusia yang memenuhi kualitas sampai level tertentu. Di dalam dunia entrepreneur yang dinamis, yang cepat beradaptasi akan lebih mampu bertahan daripada yang tidak. Adaptasi dalam hal ini sangat luas cakupannya, yakni meliputi adaptasi penggunaan media sosial, tentang cara berjualan atau promosi, adaptasi terhadap lingkungan tempat Anda berbisnis, adaptasi karena ketatnya sumber daya manusia, sampai adaptasi terkait tren yang sedang berkembang.

 

Gesit dan Berdaya Juang

Dalam beberapa situasi, keadaan yang kita hadapi mungkin akan berjalan tidak sesuai rencana. Kemampuan berpikir kritis dan menemukan cara untuk beradaptasi itulah yang bisa diandalkan saat keadaan tidak menentu. Orang-orang yang bisa belajar dari pengalaman, cepat menyesuaikan diri, gesit, berdaya juang, dan bangkit lagi dengan semangat yang baru, merekalah yang lebih mungkin untuk memenangkan persaingan apapun.

 

Kesempatan Selalu Berpihak pada Orang yang Mau Belajar

Tanpa harus terjebak pada hidup yang terlalu serius, kita perlu memahami beberapa hal. Bahwa kesempatan selalu berpihak pada orang-orang yang mau belajar beragam keterampilan baru. Keberuntungan dan nasib baik pun akan selalu berpihak pada orang-orang yang berjuang, bukan yang meminta belas kasihan.