Bagaimana Agar Bisnis Selaras dengan Rohani?

Diposting pada

Bagaimana Agar Bisnis Selaras dengan Rohani

Tahukah Anda bahwa Ajaran para nabi dari Adam sampai Muhammad adalah melepaskan manusia dari perbudakan manusia lain. Cukup membudakkan diri hanya pada Allah, Tuhan semesta alam. Rasul bersabda “Barangisapa mencintaiku, maka ia akan berusaha menghidupkan sunnahku…” Seperti yang kita ketahui, Rasulullah Saw adalah seorang pedagang. Beliau mengabarkan pada kita bagaimana menjalankan bisnis.

Belajar dari Rasulullah 

Kita tahu Rasulullah menjadi anak yatim sejak dalam kandungan. Beliau juga ditinggal ibu saat masih 2 tahun. Setelah itu beliau ikut kakeknya, itupun tidak lama.Setelah itu beliau ikut pamannya. Pamannya inilah yg mendidik beliau untuk berdagang. Muhammad 16 tahun menjalankan usaha pamannya. Mengapa Abu Thalib memasrahkan usahanya pada Muhammad remaja? Tidak lain karena kemampuan berbisnis dalam diri Muhammad.

Kemampuan belau mulai dikenal luas. Akhirnya usia 20an Muhammad mendapat tantangan dari seorang konglomerat bernama Siti Khadijah yang waktu itu berkata ke paman beliau “Wahai Abu Thalib, aku akan mempekerjakan keponakanmu dengan gaji 2 ekor unta.” Seandainya kita tahu, harga 1 ekor unta Arab, 25 juta!

Berarti gaji yang ditawarkan Khadijah adalah 50 juta. Apa jawaban beliau? “Aku akan membantu Siti Khadijah. Aku tidak mau 2 ekor unta,  tapi 4 ekor unta,” itu menunjukkan Muhammad punya daya tawar yg tinggi.

Kecakapan yg luar biasa membuat bisnis Khadijah pun menjadi jauh lebih besar ketika dipegang Muhammad.

Membebaskan Manusia dari Ketergantungan atas Manusia yang lain 

Apa yang dilakukan Muhammad ketika berbisnis? Muhammad mendapat gelar Al Amin,artinya dapat dipercaya. Tapi Muhammad tidak meminta dipanggil Al Amin. Muhammad mendapat gelar itu adalah dari orang-orang yang pernah berinteraksi bersama beliau.

Ketika kita menyatakan bahwa kita muslim dan kita menyatakan bahwa modal utama untuk memulai sebuah bisnis adalah harus punya kapital/finansial, maka bisa jadi kita salah. Lihat apa yang dimiliki Muhammad: bukan finansial, tapi kompetensi diri.

Ketika kita membuktikan bahwa diri ini memiliki kompetensi dan perbedaan dibanding yang lain maka (dengan kehendak Allah), finansial itu akan datang. ‘Perjalanan bisnis adalah perjalanan rohani’ itu sejalan dengan yang dicontohkan Rasulullah, intinya adalah membebaskan manusia dari perbudakan terhadap manusia yang lain.

 

Tingkatkan kemampuan Anda dalam bisnis melalui seminar Hypnoselling dari iBizCOACH pada tanggal 27 September 2017 di Aston Solo Hotel. Hubungi 08112652244.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar