Beberapa Faktor Agar Perusahaan Bisa Lebih Fokus dalam Mengalokasikan Sumber Daya

 

Apakah Anda masih ingat pelajaran di sekolah menengah, yaitu di mata pelajaran ekonomi tentang alokasi sumber daya? Pengertian kata alokasi, secara umum adalah penentuan jumlah banyaknya barang yang disediakan untuk sebuah keperluan. Alokasi sumber daya ekonomi memiliki pengertian tentang penentuan banyaknya jumlah sumber daya alam, sumber daya manusia, dan modal yang diperlukan untuk menghasilkan barang dan jasa.

Manfaat mengetahui alokasi sumber daya ekonomi adalah menjadi bahan pertimbangan manusia dalam rangka melakukan perencanaan kebijakan perusahaan, terutama terkait alokasi penggunaan sumber daya tersebut secara efisien.  

Ada beberapa faktor yang bisa diperhatikan agar bisa lebih fokus dalam mengalokasikan sumber daya. Salah satu faktor itu adalah bagaimana segmentasi pasar yang dilakukan. Segmentasi pasar merupakan landasan untuk menentukan strategi marketing. Segmentasi memungkinkan perusahaan untuk lebih fokus dalam mengalokasikan sumber daya yang efisien.

Dengan membagi pasar menjadi beberapa segmen, tentu akan memberi semacam gambaran bagi perusahaan untuk bisa menentukan segmen mana yang akan dijadikan target. Segmentasi juga memungkin perusahaan mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai peta kompetisi serta menentukan posisi pasar perusahaan.

 

Untuk mengidentifikasai yang layak dijadikan pilihan,  Anda bisa menentukan pola segmentasi pasar yang bisa dijelaskaan seperti berikut :

1.Preferensi homogen:

merupakan pola yang menunjukkan bahwa konsumen memiliki preferensi yang sama terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

2.Preferensi yang menyebar:

merupakan pola yang menunjukkan bahwa konsumen memiliki preferensi yang beragam terhadap suatu produk atau jasa yang ditawarkan.

3.Preferensi yang mengelompok:

merupakan pola yang menunjukkan bahwa konsumen memiliki preferensi yang berkelompok-kelompok. Dimana konsumen yang berada dalam satu kelompok memiliki kesamaan preferensi.

 

Bagaimana langkah selanjutnya?

Selanjutnya adalah mengevaluasi beragam segmen tersebut untuk memutuskan segmen mana yang menjadi target market. Dalam mengevaluasi segmen pasar yang berbeda perusahaan harus melihat dua faktor yaitu daya tarik pasar secara keseluruhan serta tujuan dan resource perusahaan.

Segmentasi merupakan faktor kunci untuk memenangkan persaingan, dengan memandang pasar dari sudut yang unik dan cara yang berbeda dari yang dilakukan pesaing.