Mengapa Anda Tidak Lagi Butuh Orang Pintar di Perusahaan? Ini Alasannya

Kepada orang yang pintar di bidang tertentu, tentu tidak ada yang meragukan kemampuannya dalam melakukan pekerjaannya. Tapi bisakah ia bekerja sendiri?  Mungkin Anda sudah pernah mendengar sebuah peribahasa seperti ini: If you want to go fast, go alone If you want to go far, go together.

Kalau Anda ingin pergi dengan cepat, pergilah sendiri. Tapi kalau ingin pergi jauh, pergilah bersama-sama. Kalau ingin sukses untuk waktu yang lama, kita tidak bisa sendiri. Kita butuh tim yang solid yang melakukan pekerjaan di bagiannya masing-masing. Di dunia kerja hampir selalu dijumpai situasi seperti itu. Kalau ingin sukses dengan cepat,  bekerjalah sendiri.

 

Bekerja Tim, Bukan One Man Show

Kerja tim (Team work) sepertinya menjadi istilah favorit banyak orang di tempat kerja, yaitu ketika kita bekerja dengan tim, tidak perlu mengurus semuanya sendiri.  Dengan kerja tim, diharapkan tugas-tugas jadi tidak terlalu berat karena adanya pembagian pada beberapa rekan kerja.

Karyawan di suatu perusahaan yang ahli di bidangnya tentulah akan membuat suatu hasil kerja lebih baik karena mereka akan berusaha mengerjakan suatu tugas berdasarkan kemampuan terbaiknya. Tapi, tidak semua hal bisa dikerjakan sendiri, dan ketika manusia menyadari bahwa tidak semua hal dapat dilakukan sendirian, kolaborasi menjadi pilihan tepat untuk dapat terus bertahan. Untuk itu, penting untuk bekerja tim, bukan one man show atau bekerja sendiri.

 

Pentingnya Kolaborasi Menggabungkan Banyak Potensi

Kapasitas individual memang penting, tapi perlu Anda pahami bahwa tidak selamanya seorang karyawan yang pintar akan menjamin keuntungkan dan memberi dampak positif bagi perusahaan. Untuk dapat mencapai tujuan secara optimal, kita butuh bersinergi. Karakter dan potensi masing-masing individu tentu tidak ada yang sama, karena itu jika digabungkan bisa memunculkan kekuatan baru. Di saat inilah kerja sama akan mengikis perbedaan demi hasil yang saling menguntungkan.

Bagaimana cara lain untuk melakukan pembagian kerja yang efektif sesuai kemampuan tim Anda dan membuat tim Anda memberikan kontribusi terbaik? Hal itu bisa dimulai dengan membuat sistem rekrutmen yang efektif.

 

Ikutilah Seminar Bisnis “Integrated recruitment system” pada tanggal 24 Januari 2018.