Apa Saja Poin-poin Financial Planning yang Efektif bagi Usaha yang Baru Dirintis

 

Pengelolaan keuangan adalah salah satu hal krusial bagi usaha yang baru dirintis. Bagi sebagian besar usaha rintisan (startup) yang memulai dengan dana pas-pasan, maka perencanaan tentang pengelolaan keuangan (financial planning) sejak dini mutlak dibutuhkan.

 

Pemahaman Finansial Bisa Dipelajari

Tidak semua founder beserta timnya yang membangun sejak awal harus memiliki latar belakang ilmu finansial. Hanya saja, paling tidak ada satu orang yang bertanggung jawab terkait rincian keuangan yang utuh dan disepakati oleh semuanya. Memang tidak semua harus ahli, tapi bisa dibilang bahwa masing-masing perlu mempelajari, setidaknya agar bisa mengerti bagaimana cash flow bisnis yang sedang dijalankan itu.

 

Boostrapping Sebagai Alternatif

Proses membangun sebuah startup yang tanpa ada bantuan pendanaan dari investor maupun venture capital disebut dengan boostrapping. Ini adalah salah satu alternatif  yang digunakan para founder untuk membangun startup. Secara singkat, bootstrapping berarti berusaha sendiri.  Entah karena idealisme atau kondisi.

Ketika alasannya adalah idealisme, founders mungkin saja menginginkan kendali yang sepenuhnya dipegang oleh mereka sendiri, baik dalam hal menjalankan strategi bisnis maupun pengelolaan operasional dan anggaran. Tapi ketika alasannya adalah kondisi, umumnya adalah karena startup tersebut belum masuk ke dalam kriteria agar dapat dibantu pendanaan oleh investor atau venture capital.

 

Menerapkan Disiplin Keuangan Perusahaan

Agar tidak terjadi kebocoran yang berujung kerugian, perlu pengaturan sedemikian rupa terkait pengelolaan keuangan bisnis yang sedang dirintis. Pertama-tama, pisahkan keuangan pribadi dengan milik perusahaan. Hindari menghamburkan uang meskipun saldo kas sedang dalam posisi berlebih. Menerapkan disiplin keuangan bisa dimulai dengan menahan diri untuk tidak dengan mudah membelanjakan uang dari kas perusahaan. Untuk memastikan bahwa penggunaan uang Anda sudah efisien dan memberikan keuntungan, lakukan analisa cost and benefit. Jangan lupa untuk terus bereksplorasi mencari metode efektif untuk menjaga aliran dana perusahaan.

 

Memakai Jasa Coach

Mendatangkan coach untuk bisnis yang baru dirintis bisa mendatangkan manfaat tersendiri khususnya dalam aspek keuangan. Tapi, jasanya bukan untuk jangka panjang, tetapi hanya untuk masa-masa awal saja. Bersama coach bisnis yang berpengalaman, Anda bisa berdiskusi tentang masalah yang ada, termasuk rencana-rencana yang akan dilakukan ke depan. Selain itu, tentu saja tim Anda bisa belajar.

Fungsi coaching di bidang keuangan perusahaan ini bisa dijalankan oleh lembaga yang memiliki layanan business diagnosa untuk mewujudkan keuangan perusahaan yang sehat. IbizCoach sebagai lembaga pelatihan bisnis di Solo, telah dipercaya oleh banyak perusahaan di berbagai penjuru di Indonesia untuk mengadakan pelatihan dan konsultasi seputar bisnis dan pengembangan SDM.

Salah satu program unggulan IbizCoach adalah In House Training, yang mana coach datang ke perusahaan untuk memberikan training sesuai permintaan pihak perusahaan. Kalau perusahaan Anda ingin mengadakan In House Training demi membangun budaya kerja yang ideal, hubungi kami di nomor 0811-265-2244.

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!

 

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!