3 Aspek Penting Selain Keuangan

 

Anda pernah mendengar slogan ini? “Bisnis jalan, owner jalan-jalan.” Sekilas terdengar menyenangkan, dan kenyataannya itu memang bisa dicapai. Tapi, kemudian tidak sedikit yang strategi usahanya terpaku ke sana. Yaitu usaha supaya bisnisnya tetap berjalan lancar tanpa hambatan meskipun tanpa kehadiran dan pengawasan dari leadernya. Apakah seperti itu?

Biar tidak salah paham, kita mulai dengan tujuan dari sistem bisnis autopilot itu sendiri yang notabene punya tujuan yang lebih besar dari aspek keuangan. Memang itu penting tapi sebelum itu lebih penting membangun sistemnya dulu.

Prinsip dasar bukan omset atau profit semata, tapi pada optimalnya sistem itu berjalan dengan efisien dan ramping. Apa saja aspek untuk dicermati agar autopilot bukan hanya sebuah tren?

 

Aspek SDM

Dalam suatu tim kerja di perusahaan, aspek Sumber Daya Manusia (SDM) bukan hanya sebagai alat dalam aktivitas menjalankan produksi, tetapi juga sebagai penentu berlangsungnya segala aktivitas organisasi. Di pekerjaan apapun, seseorang tentu tidak bisa melakukan tugas-tugasnya sendiri.

Agar perusahaan bisa berjalan seimbang, di dalamnya harus ada sekumpulan orang-orang yang menjadi tim solid yang bisa bekerjasama. Agar bisa maksimal mencapai tujuan dalam bekerja, pembentukan tim ini sebaiknya dilakukan dengan memperhatikan karakter dan kemampuan masing-masing anggota tim.

 

Aspek Operasional

Aspek operasional menyangkut desain, pelaksanaan, dan pengendalian operasi yang bisa mengkonversi sumber daya menjadi barang dan jasa yang diinginkan, dan menerapkan strategi bisnis perusahaan. Agar bisnis autopilot berjalan, aspek operasional harus dipastikan bisa dijalankan oleh seluruh tim secara mandiri.

 

Marketing dan Sales

Aktivitas penjualan dan pemasaran (sales and marketing) merupakan kunci keberlangsungan sebuah usaha. Bergerak di bidang apapun usahanya, seorang yang berposisi di bagian marketing dan sales adalah semacam ujung tombak. Lalu bagaimana cara meningkatkan kinerja seorang sales dan marketing.

Satu poin lagi yang bersifat non teknis adalah bahwa autopilot bukan berarti meniadakan kerja seorang leader. Bagaimanapun, setiap orang butuh bekerja, berkarya, dan berkontribusi agar hidupnya lebih bermakna.

Intinya, dalam bisnis autopilot, entrepreneur membuat sistem, mengujinya bersama tim, dan mengevaluasi sistem yang dibuat itu. Ingin belajar lebih banyak untuk membuat bisnis autopilot? Ikuti Seminar Bisnis “Autopilot Your Business” di Novotel Solo tanggal 29 Agustus 2018. Info lebih lanjut: 08112652244.