Cara Efektif untuk Melihat Kualitas Pribadi Seseorang

 


Kiat-kiat sukses untuk menjawab pertanyaan saat wawancara kerja di depan HRD sangat gampang ditemukan di mana-mana. Beragam tips yang orang sebut sebagai cara terbaik untuk menjawab pertanyaan HRD, seolah menjadi menu wajib calon karyawan. Tapi bagaimana dengan sebaliknya? Saat recruiter ingin memilih talenta terbaik, pertanyaan seperti apa yang perlu diajukan? Lalu bagaimana menilai jawaban si calon karyawan yang ingin bergabung di posisi tertentu?

 

1.Mengapa Anda melamar posisi ini?

Ini adalah pertanyaan mendasar yang bisa diganti dengan kalimat seperti: aspek apa yang paling Anda minati untuk posisi ini? Pertanyaan tersebut menyiratkan bahwa recruiter ingin mengetahui hal apa dari posisi pekerjaan ini yang membuat seseorang bersemangat untuk bekerja. Bagaimana cara terbaik untuk menjawab? Memang banyak teori yang menerangkan cara-cara efektif, tapi strategi terbaik untuk menjawab adalah belajar dari pengalaman yang benar-benar sudah pernah dialami sendiri pada masa-masa sebelumnya.

 

2.Kompetensi pribadi seperti apa yang dibutuhkan agar sukses di bidang ini?

Terdengar sangat ‘umum’ tapi sebenarnya maksud dari pertanyaan seperti ini adalah ingin mengetahui nilai-nilai pribadi yang dimiliki si pelamar. Dengan kata lain, ini adalah cara halus untuk bisa ‘membaca kepribadian’ seseorang. Pastikan memiliki reasoning yang kuat, mengapa Anda pikir bahwa kualitas pribadi tersebut sangat penting.

 

3.Berikan studi kasus tentang masalah perusahaan dan apa yang akan dilakukan sebagai solusinya

Pertanyaan ini agak menjebak. Pelamar yang ‘siap’ justru tidak langsung menjawab, tapi bertanya dulu. Bagaimana bisa menjawab jika tidak memiliki pengetahuan fakta yang relevan. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk cepat menyimpulkan sebelum memahami seberapa baik pencapaian perusahaan tersebut, bagaimana inovasi dijalankan.

Setelah mengetahui gambaran umumnya, bisa dilanjut dengan mengevaluasi masalah yang ada. Ini juga bisa menjadi cara untuk menilai kemampuan analitik dan pemecahan masalah yang dimiliki pelamar, termasuk soal pemahaman dan kemampuan merespon tren saat ini.

 

4.Ceritakan tentang sebuah proyek yang pernah dilakukan dengan sukses

Terkait posisi yang akan ditempati, beri kesempatan calon karyawan untuk menceritakan sebuah proyek yang pernah dilakukan dengan sukses. Bahkan jika ada rincian waktu dan tempat serta tantangan-tantangan, dan bagaimana menghadapinya, itu jadi poin plus.

Yang terpenting adalah apa yang dia pelajari dari pengalaman tersebut? Maksud dari pertanyaan ini adalah pewawancara ingin tahu cara orang di depannya dalam menghadapi situasi yang kadang tidak pasti.

Yang tidak kalah penting adalah beri kesempatan calon pelamar itu untuk menyampaikan tentang hal-hal yang paling ia perjuangkan, apa yang dilakukannya untuk mengatasi kekurangan tersebut, dan bagaimana dirinya menunjukkan kemauan untuk berkembang maju.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar