Begini Tips Bisnis Online yang Menjual Jasa di Era Social Media

Ada banyak yang bisa dijual melalui bisnis online, entah itu produk maupun jasa. Menjual produk yang terlihat secara fisik tentu berbeda dengan menjual jasa. Menjual jasa secara online memiliki cukup  banyak tantangan. Pasalnya, layanan yang ditawarkan secara online tidak ada wujudnya jadi perlu penjelasan sedemikian rupa untuk promosi.

Nah, bagi Anda yang akan atau sedang merintis bisnis online di bidang jasa, ada baiknya menyimak beberapa tips sukses bisnis online yang menjual jasa di era social media seperti ini.

 

Bangun Citra Diri Anda Sebaik Mungkin

Hal pertama yang akan dilihat oleh calon pelanggan adalah profil Anda. Oleh karena itu, bangun citra bisnis Anda sebaik mungkin. Buat calon pelanggan yakin dan percaya untuk menyewa jasa Anda. Saat sedang memasarkan jasa atau layanan, maka portofolio terbaik adalah profil Anda. Ini berlaku untuk apapun layanan jasa yang Anda tawarkan, entah jasa konsultasi, antar jemput, jasa make up, sewa kamera, jasa penitipan anak, dan lain lain.

 

Manfaatkan Media Sosial Untuk Promosi

Cara termudah untuk berpromosi adalah lewat media sosial. Bangun citra diri sebaik mungkin dengan cara rajin berpromosi. Bila perlu, Anda bisa memasang foto saat Anda sedang melayani pelanggan. Selain itu, jangan lupa untuk menyertakan semua kontak Anda yang dapat dihubungi oleh pelanggan kapanpun. Anda bisa meminta testimoni dari pelanggan untuk digunakan sebagai materi promosi.

 

Libatkan Konsumen untuk Memberikan Testimonial

Untuk menjual jasa, libatkan konsumen agar mereka merasa ada ikatan. Ini bisa dilakukan dengan memberi promo khusus kalau konsumen ikut mempromosikan jasa Anda. Strategi ini adalah testimonial dari konsumen yang menggunakan layanan tersebut. Ketika konsumen mau rekomendasikan jasa yang dia pakai tanpa imbalan apa-apa, berarti memang mereka puas dengan layanannya.

Dibanding dengan endorsement, strategi testimonial bisa jadi lebih efektif dan meyakinkan karena memang mereka mengalami sendiri. Testimonial paling efektif adalah yang berisi tentang feedback pelanggan atas jasa yang mereka pakai, dan juga berisi tentang apa yang konsumen dapatkan karena jasa yang mereka terima.