Agar Anda Berkonsentrasi Lebih Baik, Lakukan Manajemen Waktu yang Baik Seperti Berikut

Belakangan, manusia telah ‘berubah’ menjadi mesin. Banyak orang yang berjalan dengan badannya, tapi mereka seperti tidak memiliki dirinya sendiri karena setiap langkahnya telah menjadi alat bagi sebuah industri. Kadang kita tidak sadar telah mengulur-ulur waktu untuk membereskan sesuatu, terutama untuk tugas berat, sampai segalanya menjadi ‘tepat’. Padahal waktu terus berjalan, dan ketika ia sudah pergi, kita tidak bisa mengembalikannya lagi. Kita sendirilah yang harus membuatnya menjadi tepat.

Menciptakan Pola Hidup yang Teratur

Karena saking banyaknya hal yang harus dikerjakan, kadang kita kesulitan memilih mana yang harus lebih dahulu dikerjakan. Di pekerjaan rutin misalnya, pernahkan Anda berhitung berapa banyak waktu yang dihabiskan seseorang di tempat kerja? Anggaplah dalam seminggu umumnya orang harus bekerja 50 jam. Nah, katakanlah dalam setahun terdapat 52 minggu, maka dalam setahun seseorang bisa menghabiskan 2080 jam untuk bekerja. Lalu berapa tahun orang bekerja seumur hidup? Bisakah Anda bayangkan waktu selama itu dihabiskan tanpa manajemen waktu yang baik? Secara berangsur-angsur, waktu akan menciptakan pola hidup kita menurut kebiasaan yang kita lakukan.

Bagi Pekerjaan-pekerjaan Anda Menjadi Empat kategori

Coba Anda tentukan prioritas kerja dalam bentuk tabel. Atau kalau sudah pernah melakukannya, bisa dilihat-lihat lagi untuk menguji: apakah masih relevan untuk saat ini. Caranya menyusunnya adalah membuat tabel untuk mengkategorikan pekerjaan-pekerjaan Anda, seperti pada sub bagian Tentukan Prioritas.

Bagi pekerjaan-pekerjaan Anda ke dalam empat kategori:

  1. Pekerjaan yang penting dan mendesak
  2. Pekerjaan yang penting, tapi tidak mendesak
  3. Pekerjaan yang tidak terlalu penting, tapi mendesak
  4. Pekerjaan yang tidak penting dan tidak mendesak

Manajemen waktu adalah kunci untuk meningkatkan konsentrasi Anda. Dalam hal ini, Anda dapat memulai dengan melakukan hal-hal yang paling tidak Anda senangi, sehingga ketika selesai Anda terlepas dari tugas yang membebani dan membantu Anda berkonsentrasi lebih baik.

Inti dari masalah manajemen waktu adalah bagaimana Anda bisa lebih efisien dalam bekerja. Dengan memanfaatkan timer di meja kerja, Anda bisa tahu kapan harus berhenti sejenak dan kapan harus lanjut lagi.

 

Ketika Anda terbiasa bekerja dengan lebih terorganisir, tetntunya Anda bisa mendapat manfaat-manfaat seperti ini;

  1. Lebih Fokus dan konsentrasi pada tugas yang sedang dikerjakan
  2. Menghilangkan kebiasaan multitasking
  3. Menuntaskan lebih banyak hal dan cepat karena ada rasa urgensi
  4. Menjauhi sikap menunda-nunda tugas
  5. Menurunkan kadar stres karena hanya mengerjakan satu hal dalam durasi waktu tertentu