Anda Ingin Lebih Mudah Menemukan Peluang Keberhasilan Berhentilah Komplain

Setiap pekerjaan yang kita tekuni tentunya membawa tantangan masing-masing. Ketika berhasil menghadapi tantangan itu, tentunya ada kenikmatan tersendiri. Sebelum bicara lebih jauh soal tantangan, apakah kita sudah bisa menikmati pekerjaan saat ini?

Komplain Belum Tentu Memberi Solusi

Kita mungkin mengeluh soal waktu bekerja yang tidak cocok, mengeluh soal gaji, peraturan, perintah-perintah mendadak, dan sebagainya. Yang pasti ketika menemui sesuatu yang berjalan tidak seperti rencana, lalu kita menunjukkan reaksi menggerutu. Entah itu mengomel sendirian atau di depan orang. Padahal mengeluh belum tentu memberi solusi apa-apa, tapi justru keluhan itu dekat dengan risiko stres. Orang yang sering mengeluh cenderung mudah stres.

Hindari Stress saat Bekerja

Di zaman sekarang, orang-orang bekerja memang dituntut untuk bisa berbuat lebih banyak dengan waktu singkat, dan dengan target yang berat. Keadaan  itu sering menjadi penyebab terjadinya stress di tempat kerja. Penyebab lain stress di tempat kerja banyak macamnya, bisa jadi berupa tekanan dari atasan atau masalah perbedaan pendapat dengan rekan kerja. Padahal stres itu akan jadi ‘pintu masuk’ penyakit karena stres menurunkan kekebalan tubuh.

Komplain Boleh Asal Memberi Solusi

Selain faktor kesehatan, keluhan juga memengaruhi iklim kerja. Kenyataannya tidak ada yang senang dikelilingi orang yang sering mengeluh. Seorang complainer pun pasti tidak suka berinteraksi dengan temannya yang juga complainer. Jadi, sebisa mungkin hindari komplain kalau tidak akan memberikan kemajuan apa-apa, kecuali kalau complain dengan membawa solusi demi kebaikan bersama.

Carilah Hal-Hal Positif

Untuk membiasakan diri tidak mudah komplain, coba carilah hal positif di sekitar. Bukankah Dalam banyak situasi, segala sesuatu sangat relatif? Tergantung dari bagaimana reaksi kita. Meskipun di tempat kerja, kenyataannya tidak semua orang klop dengan Anda, hindari mengeluh.

Kadang-kadang ada saja orang yang tidak senang apa yang Anda lakukan. Tetapi, setidaknya luangkan waktu Anda untuk tersenyum sejenak ketika sedang dilanda situasi yang kurang menyenangkan. Berusahalah mencari alasan untuk tetap bersikap positif di manapun. Perbaikilah masalah yang dapat diperbaiki dan lupakan masalah-masalah yang tidak penting.

Yang pasti, di tengah kesibukan sehari-hari, sebaiknya perlu diadakan evaluasi berkala apakah aktivitas yang dilakukan itu masih berada di jalur yang benar.

 

Ada baiknya Anda mengikuti Seminar Evaluation & Success Plan For Next dari iBizCoach pada tanggal 20 Desember 2017 di The Royal Surakarta Heritage Hotel. Informasi lengkap: hubungi 08112652244.