Inilah Alasan Mengapa Anda Harus Fokus pada Solusi, Bukan pada Masalah

Ada banyak kecenderungan manusiawi yang mungkin muncul saat seseorang melakukan kesalahan, seperti menyangkal atau malah menyalahkan orang lain. Masalah yang muncul akibat kesalahan itu sering terjadi begitu saja, bahkan ketika merasa sudah berbuat yang terbaik.

Kesalahan Memberi Pelajaran Hidup yang Berharga

Kesalahan yang Anda buat belum tentu buruk. Bukankah semakin banyak tanggung jawab yang Anda pikul, semakin besar kemungkinan untuk melakukan kesalahan? Sebaliknya, jika seseorang menjalani hidup dengan ketakutan untuk melakukan kesalahan, maka bisa jadi ia menghabiskan hidup dengan tidak melakukan apa-apa. Jadi mana yang lebih baik? Berbuat kesalahan memang bukan pilihan menyenangkan, mengingat kemungkinan merugikan orang lain. tapi, dari kesalahan yang pernah dibuat, bisa diperoleh pelajaran hidup yang begitu penting.

Cara Masing-masing Orang Berbeda

Sebagian besar tindakan yang kita lakukan dengan sadar tentunya diikuti dengan harapan terjadinya keberuntungan yang mengikuti. Terlebih untuk tindakan penting dan berdampak besar, pasti dilakukan dengan penuh perencanaan sehingga bisa terjadi efek yang baik. Tapi kenyataannya masalah bisa terjadi sewaktu-waktu tanpa sempat kita perkirakan sebelumnya. Dalam menghadapi masalah itu, cara orang yang satu berbeda dengan yang lain.

Pada Akhirnya Tetap Menemukan Solusi

Ketika terjadi masalah, ada orang yang segera mencari jalan keluarnya, tapi ada juga yang butuh waktu cukup lama untuk move on. Entah mengeluh, kaget, bersedih, memberontak, atau apapun itu, selama sikapnya negatif, berarti ia belum fokus kepada solusi. Sebenarnya terserah orang mau fokus ke masalah atau ke solusi, tapi bukankah pada akhirnya yang dicari adalah solusi? Jadi mengapa tidak cepat untuk segera mencari solusi? Apalagi untuk masalah bersama, ketika satu orang banyak mengeluh, kemungkinan temannya ikut mengeluh sangat tinggi, karena sikap kita bisa menular.

Cara Menyikapi Masalah Lebih Penting Daripada Masalah Itu Sendiri

Selain fokus pada solusi, kita juga perlu memahami awal mula sesuatu yang jadi akar masalah. Tanpa tahu awal mula sesuatu, tentunya cenderung sulit melangkah ke depan untuk menemukan solusi. Titik awal itu adalah keputusan yang tepat. Ketika kita mengambil keputusan apapun pasti kita harus pertimbangkan juga segala sesuatu yang mungkin terjadi kemudian, bahwa semua pilihan itu ada dampaknya Dengan begitu kita jadi terhindar dari kesalahan yang sama.

 

Untuk menghindari kesalahan, tentunya banyak hal yang harus menjadi bahan pertimbangkan. Yang pasti, cara untuk menyikapi masalah itu lebih penting daripada masalah itu sendiri.