Bagaimana Budaya Kerja yang Dibangun Bisa Mendukung Strategi Perusahaan Jangka Panjang

 

Strategi, menurut KBBI adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. Dengan kata lain, strategi adalah tentang bagaimana kita memutuskan  ingin menjadi apa dan bagaimana melakukannya.

 

Bagaimana dengan strategi di dalam perusahaan?

Strategi di lingkup diri sendiri tentu berbeda dengan strategi di perusahaan yang menyangkut banyak orang. Apalagi pengaruhnya adalah jangka panjang. Yang dibutuhkan adalah  membayangkan apa yang akan diciptakan di dalam perusahaan. Seorang leader menginspirasi anggotanya untuk berinovasi dengan kemampuan tim, mengetahui di mana pasar yang membuat perusahaan Anda berkembang, dan memahami peran besar dalam menyelaraskan strategi perusahaan dengan budaya kerja.

 

Budaya kerja yang sehat

Budaya kerja yang sehat dapat dibentuk dengan bagaimana tiap-tiap individu menyikapi keadaan-keadaan di sekitarnya. Setiap orang di tempat kerja membawa dirinya sendiri menjadi bagian dari orang lain di kehidupan sosial, bagian dari budaya tempat dia bekerja, dan bagian dari perubahan yang diharapkan oleh kehidupannya.

Ketika seseorang bisa memainkan peran yang tepat di bagiannya, ia menjadi pribadi yang profesional di tempat kerja. Fungsi dan peran setiap orang di tempat kerja lebih maksimal. Energi positif juga akan tertularkan ke semua orang di tempat kerja. Pergaulan yang sehat membutuhkan dasar komunikasi yang bersumber dari pikiran dan emosi positif.

 

Bukan hanya berfokus pada pertumbuhan

Berfokus pada pertumbuhan di sini artinya memberdayakan tim hanya demi keuntungan finansial bagi perusahaan. Lebih dari itu, anggota tim adalah manusia dengan segala keunikannya.  Jadi, masing-masing sebaiknya berkomitmen dengan identitas, bukan hanya berfokus pada pertumbuhan.

Sebuah perusahaan akan menjadi lebih jelas arah geraknya ketika berpikiran tentang siapa saja yang menjadi bagian dari perusahaan, bagaimana bagian tersebut dapat mengejar tujuan-tujuan yang sudah digambarkan di dalam perusahaan. Bagaimana menyelaraskan peran tenaga kerja, pemimpin, dan semua elemen perusahaan.

Membangun budaya kerja yang bisa mendukung strategi perusahaan jangka panjang itu kuncinya ada pada sumber daya manusianya. Ada beberapa hal dalam pekerjaan yang tidak bisa menggantikan peran diri manusia secara personal. Katakanlah misalnya keterlibatan emosi, kedisiplinan, motivasi, kreativitas, dan rasa memiliki (sense of belonging) terhadap pekerjaannya maupun lembaga tempatnya bekerja. Hal-hal tersebut tidak bisa digantikan oleh teknologi apapun.

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!

 

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!