Berinvestasi melalui Pakaian

 

Apakah kita sudah sangat terbiasa dengan ungkapan don’t judge book by it’s cover? Sekilas memang ini terdengar bijak, karena menjadikan penampilan luar sebagai cerminan dari isi memang kurang adil. Karena ada yang dianggap lebih penting daripada penampilan, yaitu attitude, kecerdasan, keahlian yang kita miliki.

Bahkan orang-orang paling berbakat pun tidak bisa mencapai kesuksesan yang maksimal tanpa attitude yang baik dan proses yang panjang. Seperti yang mungkin Anda sudah tahu, manusia cenderung memiliki penilaian tentang seseorang, bahkan sebelum mereka berbincang-bincang langsung. Tapi seberapa penting penampilan bagi kita?

 

Seberapa Penting untuk Menjadi Good Looking?

Dalam hal apapun, momen kesan pertama begitu penting, terlebih dalam situasi profesional di mana orang hanya melihat sekilas, sebelum mengenal sifat aslinya. Bukankah sering terjadi ketika tawaran kerja gagal hanya karena penampilan yang kurang sesuai pada saat interview? Atau barangkali Anda pernah mengalaminya sendiri? Memang benar, penampilan bukanlah patokan kebaikan diri seseorang, tapi bukankah cara berpakaian seseorang juga menunjukkan gambaran tentang bagaimana ia memandang diri sendiri?

Gaya berpakaian harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi, formal atau non-formal, kantor atau lapangan. Bukan basa-basi semata, tapi hal itu memang terbukti bagi kita yang tadinya memiliki rasa minder atau kurang percaya diri, setelah mencoba untuk memperbaiki penampilan, akan muncul rasa percaya diri yang lebih tinggi.

Lalu seberapa penting untuk menjadi good looking? Pakaian yang menarik ini bukan bermaksud untuk mencari perhatian atau sejenisnya. Pakaian menarik ini adalah yang pantas, agar diri sendiri merasa nyaman dan orang lain yang melihat dan berinteraksi dengan Anda juga nyaman berada di dekat Anda.

 

‘Berinvestasi’ dengan Pakaian yang Dikenakan

“The better I looked, the better I negotiated.” Demikianlah pengakuan dari founder Crazy Egg, Neil Patel kepada forbes.com. Ia tidak perlu menambah lebih banyak keberanian, kemauan keras, atau gaya tertentu, melainkan ‘hanya’ mengenakan pakaian yang lebih bagus.

“Saya menghabiskan banyak uang untuk pakaian $ 162.301,42. Seberapa banyak saya dapat kembali? $ 692.500. Saya mendapatkan ROI (Return of Investment) itu berdasarkan persepsi yang saya kembangkan melalui penampilan saya. Ketika saya mulai berpakaian lebih bagus, tingkat keberhasilan saya untuk negosiasi naik dari 25% menjadi 40%.

Jadi, Anda pun harus coba mendandani bagian diri Anda sendiri untuk memenangkan negosiasi.” Begitulah kata Neil Patel di beberapa kesempatan lainnya. Sebab penampilan yang rapi dan sopan, kadang disebut dengan penampilan menarik, tak lain adalah wujud penghargaan pada diri sendiri. ketika kita bisa menghargai diri sendiri, begitu pula orang lain.