Cara Efektif Menentukan Momen yang Tepat untuk Promosi Usaha

 

Seiring dengan momentum yang berganti-ganti, kebutuhan masyarakat selalu berubah ubah dari waktu ke waktu. Kecepatan dalam memanfaatkan momentum menjadi kunci untuk mendapatkan keuntungan.

Seorang pebisnis harus selalu bisa melihat kesempatan dan melihat bagaimana peluang yang ada di depan mata. Pebisnis harus berani mencoba untuk berkembang dan mencari kesempatan lain namun masih satu jalur dengan yang sudah dilakukan sebelumnya.

 

Menentukan Momen yang Tepat untuk Promosi

Contoh momen di mana orang-orang banyak belanja adalah saat bulan Ramadhan. Perilaku konsumen di bulan Ramadhan ternyata memiliki karakteristik yang berbeda dibanding bulan-bulan lainnya. Perubahan perilaku konsumen di bulan Ramadhan ini cenderung memberikan efek positif kepada bisnis.

Perubahan perilaku konsumen Indonesia selama bulan Ramadhan kemungkinan disebabkan karena berubahnya pola aktivitas harian terkait atmosfer religius yang meningkat, bergesernya pola makan, dan berubahnya tradisi lainnya di keseharian di bulan Ramadhan selama satu bulan penuh. Umumnya orang-orang Indonesia lebih banyak memanfaatkan waktunya untuk beristirahat selama bulan tersebut.

Waktu istirahat yang berlimpah itu mendorong orang-orang menghabiskan waktu online lebih banyak. Momen ini bisa dimanfaatkan untuk membuat konten marketing, baik itu melalui video ataupun podcast. Sebaiknya yang dibuat adalah konten ringan yang bisa ‘menemani’ konsumen di sela-sela waktu istirahat mereka. Libur panjang menjelang hari raya pun dimanfaatkan untuk beristirahat sejenak dari rutinitas.

 

Memanfaatkan Momen Hari Raya

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, pusat perbelanjaan tradisional dan modern mulai ramai dipadati orang-orang yang berbelanja kebutuhan hari raya. Ramainya pusat perbelanjaan sudah nampak sejak pertengahan Ramadan, di mana kebanyakan orang membeli pakaian baru.

Seolah belum merasakan namanya Idul Fitri menggunakan pakaian baru. Entah sejak kapan dimulainya tradisi Idul Fitri yang identik dengan pakaian baru. Itulah salah satu fenomena khas yang terjadi setiap tahun di seluruh penjuru negeri. Bahkan aktivitas di pusat perbelanjaan yang berdesakan tidak mengurangi antusiasme masyarakat.

 

Selanjutnya, Memanfaatkan ‘Musim Nikah’

Memasuki bulan Syawal menurut kalender Islam, banyak sekali pasangan yang menentukan jadwal pernikahannya. Tentu kita patut memberi ucapan selamat pada teman atau kerabat kita untuk kebahagiaan pernikahannya.

Di balik keriuhan pertanyaan ‘kapan nyusul’ teman-teman pada sebagian kita yang belum menikah, sebenarnya ada beberapa bidang bisnis yang prospeknya bagus dijalankan saat musim nikah. Saat musim nikah, biasanya banyak orang yang mencari souvenir, baju untuk pergi ke resepsi, catering dengan layanan terbaik,  paket mahar, atau bahkan vendor pernikahan.

 

Itu juga bisa menjadi momen yang tepat untuk bahan promosi bisnis Anda.

Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan dalam hal marketing, ikuti Seminar Bisnis dari IbizCOACH ‘Marketing Transformation’ pada tanggal 18 Juli 2018 di Novotel Solo. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.