Beginilah Cara Mengatasi Rasa Takut yang Muncul pada Diri Anda

 

Pernah merasakan takut? Entah itu rasa takut karena menonton film horor, takut ketinggian, takut gagal dalam sebuah usaha, atau yang lainnya. Apapun itu, perlu kita sadari bahwa rasa takut bukan berarti lemah. Setiap orang pasti pernah merasakan ketakutan, dan rasa takut itu bukan berarti tanda kelemahan.

Ketakutan adalah bagian dari naluri alami manusia untuk bertahan hidup. Rasa takut membantu kita menyadari tentang adanya bahaya, sehingga muncul keinginan untuk melindungi diri dari bahaya tersebut.

 

Dari Mana Rasa Takut Berasal?

Rasa takut bisa terjadi karena dua hal yaitu reaksi biokimia dan respon emosional. Sederhananya begini: saat kita merasa takut, atas apapun alasannya, tubuh akan secara otomatis melepaskan hormon stres adrenalin dalam jumlah yang cukup banyak.

Ini adalah reaksi biokimia, yang kemudian menyebabkan beberapa reaksi fisik seperti berkeringat deras dan jantung berdebar kencang.

Reaksi biokimia tubuh tersebut terjadi di segala situasi yang memicu rasa takut, baik dari hal yang nyata (misalnya: menghadapi operasi) atau yang hanya dipicu oleh kondisi emosional (misalnya: takut untuk berbicara depan publik).

Pada akhirnya, rasa takut ini akan memicu respon emosional, seperti rasa cemas dan/atau penghindaran. (sumber: kompas.com). Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Takut?

 

1.Mengenali Pemicu Rasa Takut Itu

Rasa takut itu wajar, jadi tidak perlu dianggap sebagai masalah. Pertama, kenali pemicu kecemasan dan rasa takut Anda. Untuk bisa mengatasi ketakutan, sebelumnya Anda perlu tahu dulu apa yang jadi pemicu ketika merasa takut.

 

2.Mencari Pengalihan dari Rasa Takut

Cara mencari pengalihan dari rasa takut tersebut bisa dengan berjalan kaki sejenak atau dengarkan musik ceria. Jangan ragu ketika harus berbagi cerita dengan orang untuk mengurangi beban rasa takut itu. siapa tahu dia mengalami hal yang sama.

 

3.Latihlah Diri Anda untuk Memiliki Rasa Percaya Diri

Mengatasi rasa takut berlebihan tak bisa dilakukan dalam sekejap mata. Tapi satu hal yang dapat mempercepatnya adalah dengan memiliki rasa kepercayaan diri yang kuat. Setelah itu, hadapi saja. Ya, hadapi saja. Apapun ketakutan Anda, ketika dihadapi maka hal tersebut akan mulai berkurang.

 

4.Hindari Pelarian yang Salah

Ketika rasa takut itu sudah sangat membebani, hindari melampiaskannya pada hal-hal menyimpang seperti; alkohol atau obat-obatan. Memang, hal-hal itu mungkin bisa menghilangkan beban sesaat. Tapi bagaimana setelah itu? efek ketergantungan justru mendatangkan masalah lain.

Sebagai gantinya cobalah cara yang lebih sehat seperti mencukupkan waktu istirahat dan tidur malam untuk mengurangi rasa tertekan. Apapun sumber ketakutan Anda, jangan dijadikan sebagai penghambat bagi kita untuk meraih apa yang diimpikan. Jadikan rasa takut tersebut sebagai motivasi.