5 Langkah Kecil yang Bisa Menjadikan Anda Seseorang yang Pandai Mengendalikan Diri

Diposting pada



Pandai Mengendalikan Diri

 


Orang-orang yang pandai mengendalikan diri, disiplin, menghabiskan lebih sedikit waktu untuk berdebat, atau melakukan hal yang tidak penting, mereka cenderung lebih bahagia dan merasa lebih puas dengan kehidupan mereka. Kira-kira langkah kecil apa yang bisa diambil untuk menjadikan Anda seseorang yang pandai mengendalikan diri?

 

1. Tetapkan Tujuan yang Jelas dan Rencanakan Eksekusi

Mungkin ini terdengar seperti nasihat klise untuk kesekian kalinya, cari tahu siapa Anda hal-hal di sekitar diri Anda. Jika Anda berharap untuk mencapai disiplin diri, Anda harus memiliki visi yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai. Anda juga harus memiliki pemahaman tentang arti kesuksesan bagi Anda. Lagipula, jika Anda tidak tahu ke mana Anda akan pergi, mudah untuk tersesat atau teralihkan. Rencana yang jelas menguraikan setiap langkah yang harus Anda ambil untuk mencapai tujuan Anda.

 

2. Pahami Kelemahan Anda

Kita semua memiliki kelemahan. Akui kekurangan Anda, apa pun itu. Terlalu sering orang mencoba untuk berpura-pura, sifat asli mereka tetap ada. Akhirnya mereka tidak bisa menutupi. Daripada menjadi jebakan dalam hidup, pahami dan terima kekurangan Anda sendiri.

 

3. Atasi Godaan yang Ada

Godaan besar dari lingkungan Anda mungkin akan tetap ada, masalahnya hanyalah bagaimana Anda mengendalikan. Saat Anda meninggalkan godaan itu, mungkin akan sangat meningkatkan disiplin diri Anda. Jika Anda ingin meningkatkan produktivitas di tempat kerja, matikan pemberitahuan media sosial dan mute ponsel Anda. Semakin sedikit gangguan yang Anda miliki, semakin fokus Anda untuk mencapai tujuan. Kendalikan diri Anda dengan membuang pengaruh buruk.

 

4. Siapkan ‘Rencana Cadangan’

‘Rencana cadangan’ memberikan diri Anda kemampuan untuk menghadapi situasi yang berpotensi sulit, Anda tahu kemungkinan besar akan Anda hadapi. Misalnya, bayangkan Anda berusaha menyelesaikan sebuah tugas, tetapi Anda sedang kedatangan tamu teman lama yang ingin mengajak jalan-jalan. Katakan pada diri sendiri bahwa alih-alih mengikuti semua permintaan itu, cobalah dengan santun dan elegan untuk berkata tidak. Sampaikan betapa pentingnya yang mesti Anda selesaikan saat itu.

Lalu bisa menyusun rencana baru di waktu lain. Mudah-mudahan ini akan membantu memberi Anda pola pikir dan kendali diri yang diperlukan untuk situasi tersebut. Anda juga akan menghemat energi dengan tidak harus membuat keputusan tiba-tiba berdasarkan keadaan emosi Anda.

 

5. Hadiahi Diri Anda Sendiri

Beri diri Anda sesuatu yang membuat Anda bersemangat ketika Anda mencapai tujuan Anda. Sama seperti ketika Anda masih kecil dan mendapat perlakuan untuk perilaku yang baik, memiliki sesuatu untuk dinanti untuk memberi Anda motivasi untuk berhasil.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar