Buat yang Eksis di Media Sosial, Peluang Usaha Seperti Ini Bisa Anda Coba

 

Media sosial pada awalnya dibuat untuk aktivitas bersosial secara online. Ternyata saat ini media sosial lebih dari itu, karena sangat efektif dimanfaatkan sebagai media promosi bisnis secara online.

Akun media sosial memang tidak akan secara otomatis meningkatkan penjualan bisnis yang Anda miliki. Tapi dengan eksistensi brand Anda di media sosial, tentu itu akan membuatnya jadi lebih dikenal oleh khalayak.

 

Memanfaatkan Perkembangan Teknologi Internet

Bila ada yang membutuhkan produk atau jasa yang Anda tawarkan di bisnis Anda, khususnya orang-orang yang berada dalam network Anda akan menghubungi Anda. Bisnis online kini menjadi bisnis yang banyak dilirik orang karena bisnis jenis ini relatif mudah dijalankan.

Melalui perkembangan teknologi internet, kegiatan sebuah bisnis di media sosial tidak hanya tentang promosi saja. Dengan konten menarik yang Anda bagikan di media sosial, mereka seperti sudah memiliki ikatan (engagement) yang kuat dengan Anda secara tidak langsung.

 

Buka Bisnis Online

Kita tahu bahwa bisnis online bisa dilakukan kapan saja, dan tentunya tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Salah satu yang bisa dicoba adalah menjadi dropshipper, yaitu berjualan tanpa harus ada stock barang. Cara kerja bisnis dropship relatif mudah, tinggal mencari supplier barang dan memasarkannya dengan cara online. Usaha ini tidak butuh tempat khusus seperti toko atau kantor, cukup memanfaatkan sebagian ruangan di rumah Anda.

 

Menjadi Social Media Influencer

Salah satu hal yang sering dilakukan orang-orang populer di media sosial adalah mempromosikan produk. Memberi endorse produk tertentu ternyata bisa menguntungkan kedua pihak, baik penjual produk atau si seleb media sosial sebagai endorser.

Menjadi endorser atau influencer bahkan menjadi profesi baru bagi sebagian kelompok orang.  Karena konsumen kurang suka terhadap iklan, maka influencer marketing merupakan cara promosi yang efektif. Ketika seorang influencer mempromosikan produk, baik untuk influencer maupun untuk pebisnis, keduanya sama-sama mendapat keuntungan. Bagaimana influencer bekerja?

Mereka disukai dan dipercaya oleh audience mereka, jadi apa yang mereka sampaikan bisa menginspirasi dan mempengaruhi para followersnya, termasuk untuk mencoba atau membeli sebuah produk. Calon pelanggan lebih mungkin mengingat kampanye karena figur seseorang yang mereka kagumi.