Evaluasi Akhir Tahun Lebih Terasa Dampaknya

Memiliki gagasan tentang strategi apa yang harus diterapkan dan Anda kerjakan adalah modal yang bagus rencana karir Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan waktu. Akhir tahun adalah momen yang tepat untuk melakukan evaluasi. Baik untuk urusan profesional maupun pribadi.

Tidak hanya melalui evaluasi kinerja akhir tahun Anda, tapi perlu juga ditinjau secara berkala di tahun berikutnya. Sejauh mana tingkat keberhasilannya untuk pengembangan, kemajuan, dan kesuksesan karir jangka panjang Anda.

 

Gunakan kalender untuk meringankan kerja memori Anda  

Karena banyaknya hal yang harus diselesaikan dan juga terbatasnya memori, kemungkinan besar Anda tidak mengingat semua yang Anda kerjakan. Setiap detail tanggung jawab yang telah selesai, berikan penilaian secara berkala dengan pencatatan di kalender.  

 

Tentukan hal-hal yang perlu untuk dikembangkan secara kualitas

Untuk pengembangan profesional dan pribadi, Anda sendiri yang memilih ‘area’ mana yang harus diberi porsi lebih. Bidang kehidupan Anda yang mana yang harus dikembangkan kualitasnya sehingga Anda bisa melakukan aktivitas dengan lebih baik.

 

Memilih metode paling efektif untuk produktif

Apapun alat dan metode produktivitas yang Anda pilih, eksekusi to-do-list dan proyek Anda ke dalamnya secepat mungkin. Pastikan itu adalah sesuatu yang benar-benar akan Anda gunakan dan sering Anda gunakan, dan sesuatu yang mudah untuk dimasukkan ke dalam alur kerja Anda.

 

Strategi di dalam pekerjaan yang dijalani

Jika ada keterampilan khusus yang perlu Anda kembangkan, mintalah proyek yang menggunakan keterampilan itu. Jika Anda membutuhkan penugasan yang lebih besar atau penugasan lintas fungsi, minta manajer Anda untuk menyebutkan nama Anda. Meskipun Anda tidak ingin terlihat seperti ingin menguasai, setidaknya Anda menunjukkan kepedulian.

 

Saling memberikan umpan balik dan dukungan

Dalam setiap pencapaian, setiap orang tidak bekerja sendiri, tapi bersama orang lain. Sebaiknya Anda tidak berasumsi bahwa rekan Anda mengetahui semua yang Anda lakukan. Jika memungkinkan, mintalah contoh spesifik kepada rekan Anda di dalam hal apa yang Anda bisa mengerjakan sesuatu dengan maksimal. Pun juga sebaliknya, berikan umpan balik, informasi, dan dukungan yang mereka perlukan.