Bagaimana Istirahat Sejenak Membuat Anda Lebih Produktif

Pernahkah Anda mengurusi suatu hal sampai terasa ada yang bermasalah, dan memutuskan untuk beristirahat? Kemudian menemukan bahwa jawaban itu secara ajaib datang kepada Anda dalam semburan inspirasi? Jika demikian, Anda akan tahu ‘the power of break’ untuk menyegarkan kembali otak Anda dan membantu Anda melihat situasi dengan cara baru.

Break’ atau ‘istirahat’ adalah penghentian kerja, aktivitas fisik, atau aktivitas lainnya sejenak. Anda memutuskan untuk ‘beristirahat’ dengan maksud untuk kembali ke kesibukan Anda dalam beberapa saat lagi. Tetapi ketika Anda ‘memberinya istirahat, bagian otak Anda yang mana yang perlu istirahat itu?

Untuk ‘kerja-kerja pikiran’, adalah prefrontal cortex (PFC), bagian pemikiran dari otak Anda yang bekerja. Ketika Anda melakukan pekerjaan yang berorientasi pada tujuan dan membutuhkan konsentrasi, PFC membuat Anda tetap fokus pada tujuan Anda. PFC juga bertanggung jawab untuk berpikir logis menggunakan tekad dan mengesampingkan godaan lain di pikiran. Itu adalah ‘tanggung jawab besar’ bagi otak. Tidak heran jika ia perlu istirahat.

Tentu saja, seperti yang dipahami semua orang, istirahat dapat memberi Anda kesenangan, relaksasi, obrolan ringan, dan hiburan. Tetapi kita akan fokus pada bukti yang menghubungkan istirahat dengan produktivitas kerja yang lebih besar.

 

Mengapa perlu mengambil istirahat?

Bangun dari kursi Anda untuk berjalan, meregangkan badan, melakukan gerakan kecil, atau aktivitas apa pun yang Anda sukai, itu dapat mengurangi kemungkinan negatif dari terlalu banyak duduk. Hanya berjalan kaki 5 menit setiap jam pun dapat meningkatkan kesehatan Anda.

 

Istirahat mendorong produktivitas dan kreativitas

Waktu istirahat mengisi kembali pusat motivasi otak, mendorong produktivitas dan kreativitas, dan penting untuk mencapai tingkat kinerja tertinggi dan hanya membentuk memori yang stabil dalam kehidupan sehari-hari.

 

Saat mata tertidur, otak masih bekerja

Istirahat dapat mencegah kelelahan untuk membuat keputusan. Bahwa kewajiban untuk sering membuat keputusan sepanjang hari, dapat mengurangi tekad dan kemampuan penalaran Anda. Para ilmuwan telah menemukan bahwa istirahat dengan cara tidur untuk beberapa waktu adalah penting untuk memulihkan memori.

Namun, ada juga bukti bahwa beristirahat saat terbangun juga meningkatkan ingatan. Selama waktu istirahat, tampaknya otak akan ‘meninjau’ ulang dan mendalami lagi apa yang sebelumnya dipelajari.