Inilah Faktor Emosional Seseorang yang Bisa Mempengaruhi Pembelian

 

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa rata-rata orang menggunakan 88 %  emosinya dan sisanya 12 % ia menggunakan logika berfikir rasional. Tahukah Anda bahwa orang yang membeli sesuatu itu lebih banyak berdasarkan faktor emosionalnya? Lalu bagaimana cara menyentuh sisi emosional para pembeli?

 

1.Perhatikan Faktor Psikologis

Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang pendekatan psikologis pada konsumen ketika Anda menjadi penjual. Pendekatan ini pada prinsipnya berusaha menyasar konsumen dengan mengaitkan ke hal-hal psikologis, misalnya: masalah yang sama-sama dialami penjual dan calon pembeli, atau emosi-emosi yang dirasakan oleh mereka.

Dari semua strategi marketing lama hingga marketing sekarang ini yang banyak didominasi oleh teknik digital, hampir semuanya mengunggulkan pendekatan psikologis sebagai salah satu cara paling efektif untuk melakukan proses marketing.

 

2.Ciptakan Kondisi Trance

Roy Garn, seorang jenius di bidang psikologi bisnis, seorang pemikir berpengaruh dalam dunia bisnis pada masanya, beliau pernah memperkenalkan konsep psikologi trance dalam pembelian (psychology of buying trance). Garn juga pernah mengatakan bahwa setiap orang pada dasarnya dapat dipikat perhatiannya (preoccupied).

Dengan mengenali karakter konsumen Anda, maka Anda bisa menarik perhatian konsumen dan menciptakan kondisi trance. Sebenarnya, apakah trance itu? Trance merupakan suatu kondisi mental dimana manusia menjadi lebih mudah untuk diberi nasihat atau diarahkan dibanding biasanya.

 

3.Faktor Kreativitas Anda juga Menentukan

Ada apa saja di balik bisnis yang sukses itu selain tim yang solid? Tenyata ada banyak hal yang bisa membuat kita terinspirasi ketika melihat sesuatu yang lebih sukses. Contoh sederhananya adalah sebuah produk laris yang bukan hanya karena promosi yang menggiurkan.  

Laris juga bukan karena kebetulan, melainkan ada prosesnya atau faktor-faktor yang mempengaruhi. Apalagi di era informasi ini, di mana kompetisi semakin terbuka, para penjual tentunya dituntut untuk selalu jeli dan kreatif menerapkan strategi agar selalu memiliki performance yang baik.

Kabar baiknya, kali ini ada kesempatan berharga bagi Anda yang ingin maksimalkan potensi diri Anda dalam hal bisnis dengan menyentuh faktor emosional konsumen.

 

Ikuti Workshop iGAME (iBiz Gerakan Anak Muda Entrepreneur) pada tanggal 27-29 April 2018. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.