Bisa untuk Menurunkan Berat Badan

Ketika mendengar kata hipnosis, apa yang muncul di pikiran Anda? Sebuah seni hiburan panggung, satu jenis trik sulap, pengendalian pikiran, atau bahkan suatu kriminalitas yang menakutkan? Dalam sains, masih ada perdebatan tentang bagaimana hipnosis bekerja pada pikiran seseorang.

Hipnosis adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mengkondisikan diri tenang dan pikiran jernih sehingga seseorang bisa masuk ke dalam pikiran bawah sadar. Dalam proses hipnosis, seseorang akan merasa sangat rileks dan fokus. Dalam keadaan ini, ia bisa menerima sugesti untuk mencapai hasil yang diinginkan.

 

Hipnosis untuk Mengurangi Rasa Sakit

Efek unik hipnosis pada otak dapat menjadi cara yang ampuh untuk mengurangi rasa sakit. Bahkan kini hipnosis telah menjadi alternatif pengobatan. seperti dilansir dari Time, Dr David Spiegel, profesor dan psikiater dari Stanford University School of Medicine, melakukan penelitian yang menyatakan bahwa hipnosis bisa menjadi alat yang efektif untuk mengontrol rasa sakit, mengurangi kecemasan, berhenti merokok, mengatasi stres, dan trauma.

 

Bisakah Hipnosis Membantu Menurunkan Berat Badan?

Hipnosis adalah keadaan konsentrasi seperti berada dalam kondisi trans. Hipnosis biasanya dilakukan dengan bantuan hipnoterapi menggunakan pengulangan verbal dan gambar mental. Ketika Anda berada di bawah hipnosis, perhatian Anda sangat terfokus, dan Anda lebih responsif terhadap saran, termasuk perubahan perilaku yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Beberapa penelitian telah mengevaluasi penggunaan hipnosis untuk penurunan berat badan. Sebagian besar penelitian menunjukkan penurunan berat badan, dengan rata-rata kehilangan sekitar 6 pon (2,7 kilogram) selama 18 bulan. Tetapi kualitas dari beberapa penelitian itu masih terus dicari kebenarannya.

 

Paling Baik Dicapai dengan Diet dan Olahraga

Penurunan berat badan sewajarnya memang paling baik dicapai dengan diet dan olahraga. Katakanlah misal Anda sudah mencoba diet dan olahraga tetapi masih berjuang untuk memenuhi tujuan penurunan berat badan Anda, konsultasilah dengan dokter tentang pilihan lain atau perubahan gaya hidup yang dapat Anda buat. Jangan bergantung pada hipnosis berat badan semata-mata karena itu tidak akan menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan.