Inilah Waktu Ideal untuk Mulai Membuka Bisnis

Masing-masing rentang usia manusia memiliki karakteristik sendiri. Ada masanya seseorang penuh gejolak dan ingin mencoba hal-hal baru, tapi ada pula masanya orang yang sudah banyak pengalaman cenderung sudah tidak berambisi yang tinggi. Semakin bertambah usia maka makin bertambah pula tingkat kemampuan dan cara pandangnya terhadap suatu hal dalam kehidupannya.

Usia 20 tahunan dianggap menjadi waktu bagi seseoang belajar dan membangun jaringan (networking). Itulah mengapa banyak yang menyarankan agar sebaiknya mulai berwirausaha di usia ini.

Semakin Muda Semakin Baik

Jiwa muda memang identik dengan gejolak dan keinginan untuk mencoba hal-hal baru. Ada baiknya kalau keinginan itu terarah pada hal positif, produktif, dan bermanfaat untuk masa depan. Meskipun kondisi setiap orang berbeda, tapi memulai bisnis sejak usia muda ada keuntungan tersendiri. Semakin muda seseorang akan semakin banyak waktu untuk bereksperimen dan yang pasti masih punya keberanian untuk menghadapi tantangan.

Selain itu, anak muda cenderung memiliki antusiasme pada hal baru dan juga lebih siap menanggung berbagai risiko yang muncul. Poin utamanya adalah semakin muda memulai bisnis, semakin banyak kesempatan belajar dari kegagalan.

Masa-masa Eksperimen

Menurut sejumlah survei, masa belajar dan bereksperimen bisnis itu kira-kira 3 sampai 5 tahun. Di tengah masa belajar itulah mental tangguh pengusaha ditempa sejak muda. Inilah waktunya calon pengusaha banyak menempa diri dengan berbagai pelajaran, termasuk pengalaman untuk gagal. Apa lagi setelah itu?

Setelah menguatkan fondasi di umur 20 tahunan, selanjutnya umur 30 tahunan adalah waktunya mencari partner atau mitra. Tapi sekali lagi ini relatif, dan tidak bisa disamakan untuk masing-masing orang.

 Itulah waktu ideal untuk mulai membuka bisnis. Apapun bisnis yang dijalankan, salah satu aspek yang perlu dikuasai untuk menjalankan bisnis agar bisa berjalan bekelanjutan adalah bagaimana menghasilkan profit.

 

Strategi itu dapat Anda pelajari mulai dari seminar Profit Booster dari iBizCOACH pada bulan Oktober 2017 di Aston Solo Hotel. Untuk info lebih lanjut hubungi nomor ini: 08112652244.