Ketika orang sedang memanah, yang perlu dilakukan adalah fokus agar lebih tepat ke mana anak panah itu melesat. Begitu juga ketika Anda berbisnis, Anda perlu bersikap fokus agar cepat memperoleh tujuan atau hasil yang Anda inginkan. Untuk bisa mendapatkan tujuan itu, Anda perlu menentukan target. Bukan soal besar kecilnya usaha Anda, target itulah yang membuat Anda lebih terarah dalam menangani sebagian besar masalah bisnis Anda.

Target dalam bisnis ini bisa dikenal dengan segmentasi pasar. Apakah segmentasi pasar itu? Dalam gambaran yang paling sederhana, segmentasi pasar adalah pembagian pasar sesuai dengan kesamaan, kemiripan, serta kekerabatan dalam satu segmen. Semua anggota segmen pasti memiliki satu kesamaan. Tujuan adanya segmentasi pasar adalah sebagai upaya untuk memusatkan energi marketing ke sekelompok orang-orang tertentu yang tepat.


Menentukan Target Pasar

Pernahkah Anda merasakan ketika bisnis jadi kurang fokus dan sulit menemukan target utama yang menjadi pasar Anda? Itu terjadi karena memang Anda belum menentukan sejak awal siapa saja orang yang menggunakan produk Anda. Kenyataannya banyak pengusaha yang kurang memperhatikan segmentasi pasar, sehingga menjadi kurang efisien.

Karena segmentasi pasar yang kurang jelas, akibatnya tim sales Anda bisa kesulitan dalam menjual produk. Akibat salah menentukan target pasar, sumber dana yang seharusnya dipakai untuk pengembangan bisnis jadi terbuang sia-sia. Hal ini yang justru nantinya akan mematikan bisnis yang sedang dibangun.

Segmentasi pasar tentunya memiliki manfaat-manfaat untuk bisnis Anda. Manfaat yang jelas bisa dimaksimalkan adalah hasil yang lebih baik dan terukur. Ketika Anda memiliki rencana ke mana produk Anda dipasarkan, Anda tidak perlu menebak-nebak atau membuat planning berdasarkan opini dari banyak orang.

Pasalnya, semua informasi yang dibutuhkan sudah ada di depan Anda karena segmentasi pasar Anda telah teratur dengan baik. Bermodalkan pengetahuan yang lebih baik tentang kebutuhan target market Anda, tentunya Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik tanpa pemborosan tenaga untuk melakukan strategi yang kurang cocok untuk target market Anda.

Kini Anda bisa lebih tepat menentukan segmentasi pasar dalam bisnis Anda. Anda bisa mengikuti workshop kami yaitu:

 

Be A Great Sales pada tanggal 23 Agustus 2017 di The Sunan Hotel Solo.

Kalau ingin tahu lebih banyak tentang workshop ini, hubungi nomor whatsapp 0811-265-2244.



CEK YPI


VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar