Membuat Kampanye Cinta Produk Lokal Agar Berjalan dengan Sukse

 

Apakah yang dimaksud dengan produk lokal itu? Jika suatu produk terbuat dari bahan yang berasal dari dalam negeri, tenaga kerjanya berasal dari dalam negeri, produk tersebut menggunakan merk lokal dan kepemilikan perusahaan ada pada orang dalam negeri, maka suatu produk itu dapat dikatakan sebagai produk lokal. Setidaknya memenuhi salah satu atau bahkan keempat acuan tersebut.

Di tengah laju pertumbuhan pasar bebas yang demikian cepat, brand mancanegara berdatangan. Kompetisi pun berlangsung. Mempromosikan produk lokal butuh teknik atau penyusunan strategi yang baik untuk memasarkannya agar sampai ke target pasar yang tepat.

 

Menampilkan Potensi Lokal melalui Pameran Karya

Walaupun banyak produk lokal yang bagus dan bermanfaat, tapi sayangnya masih sangat kurang wadah untuk promosi yang bisa lebih menampilkan potensi lokal. Mempromosikan berbagai produk lokal olahan warga setempat melalui pameran bisa meningkatkan brand awareness dunia terhadap produk-produk lokal. Pameran/expo bisa diikuti baik di daerah itu bahkan hingga luar negeri.

 

Optimalkan Situs E-Commerce

Di era digital yang tidak terpisahkan dari internet seperti sekarang ini, beberapa situs e-commerce bisa membuat kampanye cinta produk lokal yang berjalan dengan sukses. Tujuannya adalah produk-produk lokal Indonesia bisa menjadi tuan di negeri sendiri dan melayani kebutuhan untuk pasar di luar negeri.

 

Mengembangkan Jaringan Pemasaran Produk

Agar produk lokal, khususnya dari desa, bisa masuk ke sejumlah pasar modern, katakanlah minimarket, supermarket, mal, dan pusat perbelanjaan lainnya maka perlu mengembangkan jaringan pemasaran produk lokal.

Langkah konkret yang bisa dilakukan adalah mengambil peluang kerjasama atau menggandeng sejumlah badan usaha milik desa (BUMDes).

Langkah untuk menggandeng BUMDes bisa mengangkat dan mengolah sumber daya di daerah menjadi sebuah produk unggulan yang siap bersaing di pasaran domestik dan juga internasional.

Pada intinya, membuat kampanye cinta produk lokal semestinya dilakukan oleh setiap warga negara Indonesia. Dengan lebih memilih produk lokal dibandingkan produk luar negeri akan membuat kita membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia. (dari berbagai sumber)