Memulai Usaha Bimbingan Belajar dengan Modal Nol Rupiah

 

Iming-iming usaha dengan modal kecil selalu menarik bagi siapapun. Kali ini kita akan membahas usaha bimbingan belajar dengan modal nol rupiah, apakah mungkin? Sebelumnya, perhatikan dulu hal-hal berikut.

 

Menentukan Konsep Bisnis yang Akan Didirikan

Sebelum mulai menjalankan bisnis ini, sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu konsep usahanya. Bimbingan belajar seperti apa yang akan Anda dirikan? Apakah Anda akan membeli franchise bimbel yang sudah terkenal di masyarakat atau akan memulai dan membuat bimbingan belajar dengan brand sendiri?

 

Mengetahui Seluk Beluk Franchise dan Brand Sendiri

Membeli franchise berarti tidak perlu menyusun dari nol rencana bisnis yang akan dibangun. Karena sudah ada aturan dari bimbel yang Anda beli. Franchise bimbingan belajar juga memiliki untung lebih besar, tapi perlu diketahui bahwa modal yang dibutuhkan cukup besar.

Selain itu membeli franchise berarti Anda tidak perlu menentukan segmen pasar karena bimbel yang Anda beli pasti sudah memiliki segmentasi pasar itu.

Bagaimana dengan membuat brand sendiri? Dengan membuat brand sendiri, artinya Anda bisa menekan modal seminimal mungkin. Pada awalnya memang akan terkesan berat karena harus memulai prosesnya dari nol. Tapi, salah satu keuntungan membuka bimbel dengan brand sendiri bisa lebih efisien dalam menjalankannya.

Anda bisa membuat orang percaya serta menjaring target pasar dengan cara sendiri. Selain itu, keuntungan yang bisa didapat tidak kalah menjanjikan dengan bimbel dengan sistem franchise.

 

Menentukan Lokasi yang Menghemat Anggaran

Salah satu unsur penting untuk sebuah bisnis adalah lokasi tempat belajar. Untuk menghemat anggaran, maka memilih ruang kosong di rumah jadi solusi yang tepat. Sebaiknya ruang kosong di rumah tersebut bisa Anda atur sedemikian rupa menjadi tempat belajar yang nyaman sehingga belajar lebih kondusif.

 

Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Zaman sekarang, media sosial tidak terlepaskan dari kehidupan sehari-hari. Bagaimana promosi usaha bimbel melalui media sosial?

Caranya mudah, Anda tinggal memposting informasi jasa Anda. Tentang bagaimana cara promosinya, ini juga ada strategi tersendiri. Coba sering-sering berbagi mengenai tips atau cara praktis menyelesaikan soal.

Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan dalam hal marketing, ikuti Seminar Bisnis dari IbizCOACH ‘Marketing Transformation’ pada tanggal 18 Juli 2018 di Novotel Solo. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.