Kebiasaan Bersyukur yang Mudah Dilakukan Tapi Efeknya

Ada orang-orang yang saat melakukan sesuatu cenderung suka diperhatikan. Ada juga yang sebaliknya. Ada atau tidak orang yang memperhatikan, mereka tetap mengerjakan kewajibannya dengan kemampuan terbaik. Tapi coba kita ambil positifnya bahwa itu adalah tentang apresiasi. Semua orang berhak atas apresiasi. Lalu bagaimana ketika tidak ada orang yang memberi apresiasi atas hal yang kita lakukan? Apakah itu mempengaruhi cara kita menilai diri sendiri? Akankah itu menurunkan rasa syukur kita?


 

Belajar Mengapresiasi Diri

Alangkah baiknya kalau kita mulai mengubah pola pikir dan kebiasaan. Lebih tepatnya kebiasaan untuk mensyukuri, meskipun itu hal-hal kecil. Ketika orang lain terlihat belum menyadari kebaikan Anda, mudah-mudahan itu tidak mengubah niat baik Anda. Selalu apresiasi diri Anda, untuk hal sepele sekalipun.

 

Melatih Kebiasaan Bersyukur

Awalnya mungkin itu tidak mudah karena belum melihat banyak hal untuk disyukuri. Jadi tidak mengapa kalau kita agak berpikir keras untuk melakukan itu. Pada saatnya, ketika kita mulai jadi lebih teratur, latihan kebiasaan bersyukur menjadi lebih mudah. Mulai perhatikan hal kecil yang harus Anda syukuri, yaitu hal-hal yang indah dan positif tentang hidup Anda. Sekali lagi ketika bersyukur itu sudah menjadi kebiasaan, tiba-tiba Anda melihat hal-hal indah di mana-mana.

 

Lakukan Setiap Hari

Anda dapat menerapkan untuk diri Anda sendiri setiap malam sebelum tidur. Mulai dengan menuliskan tiga hal yang Anda hargai dari diri Anda. Hal-hal itu bisa tiga keterampilan, sifat unik, penampilan, atau apapun. Lakukan itu setiap hari. Tetapi daftar hal baik itu harus berbeda setiap hari.

Bisa jadi Anda orang yang suka memperhatikan orang lain, berbelas kasih, tulisan tangan Anda bagus, pintar dalam mengatur keuangan, Anda seorang desainer grafis yang penuh ide kreatif, Anda memiliki alis yang bagus, Anda suka mengajar orang berkembang, suka berbagi hal positif di media sosial, atau apapun. Sekali lagi, apa saja yang diberikan Tuhan pada diri Anda.

Tuliskan saja hal-hal itu dengan di dalam buku catatan pribadi, dan Anda akan menemukan bahwa seiring waktu buku catatan Anda terisi oleh kebaikan-kebaikan di sekitar Anda. Atau jika misal Anda butuh pengingat betapa istimewanya Anda, bukalah halaman mana saja dan akan ada banyak pengingat yang Anda temukan. Bahwa dalam hidup Anda ada banyak sekali hal untuk disyukuri.

Ikuti Seminar Evaluation & Success Plan For Next “Tahun Baru, Target Baru” dari iBizCoach pada tanggal 27 Desember 2018 di Novotel Solo. Informasi lengkap: hubungi 08112652244.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar