Kecenderungan Orang yang Rendah Hati

Meskipun percaya diri adalah hal penting, tapi sikap rendah hati juga tidak kalah penting. Keduanya bukan hal yang bertentangan seperti yang dibayangkan. Rendah hati tidak sama dengan rendah diri. Bersikap santun, rendah hati, dan tenang adalah hal-hal yang sering menjadi nasihat orang tua kepada anak-anaknya. Saat dewasa pun sikap itu dirasa tepat untuk dilakukan.

Tapi kadang kerendahan hati sering dikaitkan dengan sikap yang pasif, patuh, atau tidak ‘berani meminta lebih’. Meskipun begitu, ternyata ada kecenderungan orang-orang rendah hati dan itu membuatnya lebih unggul dari orang kebanyakan.

 

Tidak Perlu Menonjolkan Diri Berlebihan

Orang yang rendah hati menyadari bahwa tidak ada yang peduli seberapa baiknya mereka, sampai orang-orang itu tahu betapa mereka peduli dan membutuhkan keberadaannya. Mereka tidak merasa perlu untuk membanggakan diri, tetapi sebaliknya, biarkan tindakan mereka ‘berbicara’ untuk cita-cita mereka. Bersikap rendah hati berarti tidak hanya memikirkan diri sendiri.

 

Mereka Sadar dengan Situasi Diri dan Sekitarnya

Kesadaran ini menyangkut diri, kelompok, tindakan masing-masing dan dinamika sosial di dalamnya. Orang yang sadar akan situasi, mereka mencoba mempelajari lebih banyak tentang keadaan di sekitarnya. Karena orang yang rendah hati menempatkan kebutuhan orang lain sebelum mereka sendiri, ketika dihadapkan dengan keputusan yang sulit mereka menghormati batas-batas moral dan etika. Mereka mengambil keputusan dari rasa tujuan bersama daripada kepentingan pribadi.

 

Mendengarkan Orang Lain dengan Aktif

Orang yang rendah hati, bagaimanapun, aktif mendengarkan orang lain sebelum menyimpulkan pembicaraan. Selain itu, orang yang rendah hati tidak mencoba mendominasi percakapan atau berbicara tentang orang lain. Mereka ingin memahami orang lain karena peduli, ingin memahami, dan bukan hanya untuk memberikan respon.

Tetapi jika itu tidak cukup untuk meyakinkan Anda, pertimbangkan untuk melihat ke dalam diri sendiri, apakah Anda sudah cukup rendah hati. Bahwa kerendahan hati, kebaikan, dan ketenangan benar-benar dapat membantu Anda maju dalam hidup.

Kebaikan sering diabaikan sebagai tanda kelemahan, dan sampai batas tertentu, bisa jadi ada sesuatu yang terlalu baik. Tetapi sedikit kebaikan untuk menghargai orang masih lebih baik daripada menyombongkan diri.