Kebiasaan Ini Bisa Menghambat Kinerja Tim

Apakah kebiasaan sehari-hari Anda sudah mendorong kepada produkivitas kerja? Yang pasti, karena di tempat kerja umumnya kita tidak sendirian melainkan bersama-sama dengan rekan kerja dan juga atasan, tentunya ada kebiasaan-kebiasaan yang perlu dikendalikan.

 

1.Menunda-nunda Pekerjaan

Kadang kita tidak sadar telah mengulur-ulur waktu untuk membereskan sesuatu, terutama untuk tugas berat, sampai segalanya menjadi ‘tepat’. Padahal waktu terus berjalan. Anda sendirilah yang harus membuatnya menjadi tepat. Tanpa disadari, daftar penting tugas Anda bisa tertunda hingga esok hari, esok lusa, atau entah sampai kapan. Jangan remehkan the power of procrastination, alias kebiasaan menunda.

 

2.Terlambat Masuk Kerja

Akan lebih baik kalau Anda berangkat ke tempat kerja sebelum rekan kerja yang lain tiba di sana. Begitu sampai, jangan terlalu banyak buang-buang waktu Anda untuk ngopi, baca koran, ngobrol basa-basi, atau hal-hal yang tidak menunjang pekerjaan Anda.

 

3.Terlalu Keras Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik di kantor untuk mengusir kejenuhan tentu  sah- sah saja. Entah itu mendengar melalui gadget seperti smartphone atau dengan fitur musik di laptop. Tapi kalau kita tahu, di antara rekan kita ternyata ada yang tidak bisa konsentrasi kalau suasana kantor berisik dengan suara musik. Ada baiknya Anda tidak terlalu keras mendengarkan musik. Gunakanlah headset untuk mendengar musik, sehingga rekan kerja yang lain tidak terganggu.

 

4.Berselancar di Internet yang Bukan Urusan Pekerjaan

Jika Anda mendapatkan fasilitas koneksi internet di tempat kerja, sebaiknya dipakai seperlunya. Mengingat ada banyak orang lain yang juga memakai koneksi itu, sebaiknya jangan menggunakannya untuk keperluan pribadi seperti mengakses video YouTube atau mendownload film, karena kemungkinan koneksi jadi melambat. Dan jangan menghabiskan waktu bekerja dengan bersosial media ataupun chatting. Prilaku ini bisa jadi tidak mencermikan profesionalisme dalam bekerja.

 

5.Memberikan Pekerjaan Kita Pada Orang Lain

Berkolaborasi memang harus, tapi jangan sampai menyuruh orang lain untuk mengerjakan pekerjaan kita. Jangan membebani orang lain, karena setiap orang di tempat kerja sudah memiliki tanggung jawab masing-masing. Mintalah bantuan jika benar-benar membutuhkan.

 

6.Terlibat dalam Gosip Kantor

Seperti ngobrol pada umumnya, itu bukanlah suatu masalah. Sesekali mendengar gosip di kantor mungkin dapat ditoleransi, tapi kalau terlalu sering, maka itu akan mengganggu. Orang yang terkenal hobi bergosip umumnya tidak disukai rekan kantor. Nah, kalau Anda ternyata selama ini sering melakukannya, mulailah untuk mengurangi kebiasaan ini.