Kemampuan Interpersonal yang Perlu Anda Miliki untuk Bisa Cepat Beradaptasi

Apakah Anda sering menemui situasi di mana Anda harus berpindah ke tempat atau lingkungan baru. Tentunya hal itu menuntut Anda untuk bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan baru, dan juga orang-orang baru. Bagaimana cara cepat beradaptasi? Inilah kemampuan personal yang perlu Anda miliki untuk bisa cepat beradaptasi.

Bersikap Terbuka pada Saran dan Kritik

Setiap orang pasti sangat senang ketika usahanya dihargai. Sebagian orang begitu senang mendapat pujian. Kamu juga seperti itu kah? Dan sebaliknya, pasti pernah mendapat kritikan dari orang-orang terdekat atau bahkan dari orang-orang yang kita tidak kenal. Wajar saja kalau kita merasa tidak senang ketika ada orang lain yang memberikan komentar atau kritik. Tapi seringkali tidak disadari bahwa nilai sebuah kritikan sangat besar. Sebuah kritikan bisa memberi manfaat yang meningkatkan pencapaian dalam hidup.

Bisa Menjadi Pendengar yang Baik

Jika seseorang bercerita tentang pengalamannya, Terbukalah dan katakan apa yang anda pikirkan. Ekspresikan perasaan anda. Selama tidak mengangu waktu penting anda biarkanlah orang lain untuk mengungkapkan ide-idenya. Siapa tahu dari ungkapan lawan diskusi kita ada ide dan masukan yang bisa bermanfaat buat kehidupan kita, kalaupun anda merasa isi pembicaraanya tidak berkualitas maka jadilah pendengar yang baik. Apapun yang dia katakan, mendengarkannya adalah hal yang paling tepat. Anda tak harus setuju dengan semua pendapatnya, tetapi cobalah untuk tidak menyela ketika dia berbicara. tidak berarti harus mengikuti semua kata-katanya. Dengarkan saja apa yang dia katakan, dan dia akan merasa Anda memang peduli padanya.

Menawarkan Saran yang Bermanfaat

Barangkali anda pernah mejadi ‘sasaran’ teman anda untuk jadi tempat cerita soal permasalahannya. Dengan masalah yang beragam, mereka bisa begitu betah bercerita dalam waktu lama. Ketika sampai klimaks ceritanya, tidak jarang mereka menggambarkan situasinya penuh drama seolah-olah masalahnya yang paling berat sedunia. Apa yang Anda lakukan ketika seseorang curhat kepada Anda? Tentu Anda bisa memberi solusi atau sekadar mendengarkan.

Memiliki Selera Humor tapi Tetap Jadi Diri Sendiri

Selera humor orang-orang yang ada di dalam sebuah percakapan itu seperti bumbu penyedap pada masakan. Sesuatu yang dimasak untuk dihidangkan tentunya tidak hanya memenuhi kebutuhan perut, tapi juga enak untuk dirasakan oleh lidah. Begitu juga obrolan yang meluncur, candaan santai perlu diselipkan sedemikian rupa agar nyaman didengar.

Tapi dengan catatan, kadarnya harus pas, agar bisa dinikmati. Sebagaimana halnya interaksi fisik, candaan juga tidak bisa ditujukan ke semua orang. Jadi perlu pandai-pandai membaca situasi orang di sekitar.