Beginilah Peran Pentingnya Attitude Individu yang Membuat Tim Anda Lebih Kompak

Ada banyak hal yang bisa membuat tim lebih kompak dalam bekerja. Selain hal teknis seperti pelatihan-pelatihan, ternyata ada satu hal yang bersumber dari individu tapi mempengaruhi kelompok. Satu hal itu adalah attitude yang lebih cenderung menjadi hal yang pribadi, seperti sikap, kebiasaan, gaya bicara, nada bicara, gerak tubuh, dan sebagainya. Tapi ketika attitude ini harus di bawa ke tempat kerja, coba pilih mana saja yang harus dilakukan, untuk bisa bekerja dengan baik dan benar, Lalu apa saja pentingnya attitude ini?

 

1.Attitude Mengalahkan Hard skill

Kita tahu kalau banyak skill yang bisa dipelajari dalam waktu relatif singkat, namun attitude dibentuk dalam waktu yang cukup lama. Seseorang dengan sifat tertentu, biasanya tidak akan mengalami perubahan yang signifikan meskipun dipaksa berubah oleh lingkungannya. Dalam dunia kerja hal ini biasanya bisa terlihat melalui psikotes yang dilakukan, dan memiliki porsi yang besar dalam penentuan apakah karyawan ini akan direkrut atau tidak. Biasanya perusahaan akan memilih orang dengan kepribadian yang mudah beradaptasi, terbuka dan rendah hati, karena mereka harus bisa ditempatkan dimanapun.

 

2.Attitude Memungkinkan Karyawan Lebih Kompak

Semua orang senang dihargai. Dengan sikap saling menghargai, iklim kerja jadi lebih positif. Kalau suasana sudah positif, produktivitas perusahaan lebih mudah untuk meningkat. Dalam suatu teamwork, sesama karyawan bisa lebih berkomunikasi dengan baik, menyampaikan keluhan dan masukan mengenai kesulitan yang terjadi antar bagian.

 

3.Attitude Mencerminkan Kepribadian

Menjaga sikap sangatlah penting dimana pun Anda berada, termasuk di dalam dunia kerja. Sikap Anda menentukan bagaimana orang lain atau atasan dapat menerima Anda. Setiap orang memiliki sifat baik dan buruk yang biasanya terbawa dari keluarga dan sudah terbentuk sejak kecil. Sifat dan karakter seseorang itu adalah cerminan lingkungannya. Sifat itu akan berpengaruh kepada kehidupan sehari-hari, termasuk lingkungan kerja.

Sebagai pekerja profesional, Anda perlu mengenal berbagai karakter teman kerja Anda. Tidak ada salahnya jika Anda mempelajari karakter mereka satu per satu. Karena semakin mengenal mereka, semakin mudah Anda bergaul dengan mereka dan menyelesaikan masalah.

 

Bagaimana mengelola attitude individu untuk membangun tim yang kompak, ikutilah Seminar Bisnis “Integrated Recruitment System” pada tanggal 24 Januari 2018. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.