Ketika Fokus Anda Gampang Terpecah

Kapanpun Anda ingin mencapai sesuatu, konsentrasilah dan buka mata. Tidak ada yang bisa mencapai target dengan mata tertutup. Pernyataan itu bisa diartikan sebagai kiasan, pastikan Anda tahu persis apa yang Anda inginkan.  Karena itu, kemampuan untuk fokus bisa menjadi hal penting di hari-hari di mana multitasking menjadi gaya hidup yang memiliki sedikit gengsi. Tapi ketika fokus Anda gampang terpecah, coba tips yang dirangkum dari ublik.id tentang mengatasi distraksi berikut ini.

 

1.Siapkan Catatan

Anda memang bisa melakukan hal yang ingin Anda lakukan; mengerjakan tugas, membaca, belajar, mendesain sesuatu, dan lain-lain. Di saat Anda melakukannya, lalu ada hal yang membuat konsentrasi terganggu, segera ambil alat tulis dan buku catatan yang Anda siapkan di dekat Anda tadi. Berikutnya  tuliskan hal apa saja yang menjadi penyebab gagal fokus.

Walau terkesan sederhana dan barangkali Anda agak sulit memercayai efeknya, tetapi ternyata dengan menuliskan daftar distraksi itu akan membuat otak lebih rileks. Setelah Anda menuliskan hal yang tiba-tiba melintas di pikiran sebagai sumber distraksi dan selesai mengerjakan kewajiban Anda, lalu periksalah daftar itu. Anda pun bisa menindaklanjuti setiap poin yang tercatat di sana.

 

2.Singkirkan gadget

Saat kita sedang dituntut untuk fokus, malah tiba-tiba terpikir tentang jumlah likes yang kita dapatkan dari foto Instagram yang baru saja diunggah. Tangan pun spontan mengambil gawai yang ada di dekat kita. Sadarkah kalau sebenarnya banyak waktu kita yang terbuang karena beberapa aktivitas yang kita lakukan dengan gadget? Menyingkirkan gadget sejenak memang tidak mudah, tetapi kita sedang mendisiplinkan diri, dan itu memang penting kalau kita ingin lebih fokus.

 

3.Istirahat yang berkualitas

Bukan hanya kerja yang berkualitas, istirahat pun harus berkualitas. Fokus yang terpecah juga bisa disebabkan karena Anda kurang tidur. Saat kurang istirahat, pikiran cenderung sulit berkonsentrasi. Baru mengetik beberapa kalimat, kelopak mata rasanya ingin menutup saja, seperti tidak berdaya. Satu-satunya cara untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas adalah, tentu saja, tidur yang cukup. Jika sudah larut malam, tinggalkan sejenak apa yang ingin Anda kerjakan agar tubuh bisa beristirahat beberapa saat, sebelum memulai aktivitas lagi esok hari.

 

4.Meditasi

Cara yang satu ini bisa dicoba saat orang memiliki banyak pikiran dan kerap mencemaskan sesuatu. Banyak teknik meditasi yang bisa dilihat di YouTube. Anda bisa mengikuti langkah demi langkahnya. Hal yang biasanya diutamakan saat meditasi adalah nafas, agar menjadi lebih teratur sehingga perasaan lebih tenang dan nyaman. Pikiran yang semula tidak beraturan dan membuat gagal fokus, akan menjadi relatif lebih terarah seiring jalannya waktu.

 

5.Olahraga teratur

Dikutip dari cnnindonesia.com, menurut penelitian, olahraga secara teratur membantu otak sebagai kunci untuk memori, konsentrasi, dan ketajaman mental. Ternyata manfaat olahraga bukan hanya untuk kebugaran tubuh saja, namun membantu otak tetap aktif agar bisa melaksanakan fungsinya dengan baik. Itulah 5 tips untuk mengatasi distraksi agar lebih fokus mengerjakan sesuatu. Mana yang sudah Anda terapkan?