Begini Konsep Kewirausahaan Terbaik untuk Bekal Kehidupan Akhirat

 

Apa kabar, sahabat bisnis? Apakah Anda sudah memiliki tekad bulat untuk memiliki usaha sendiri? Memiliki usaha sendiri bukan semata-mata tentang uang, sebagaiman tujuan hidup kita bukanlah urusan materi saja. Meskipun kita sama-sama tahu, kita butuh uang untuk mencukupi kebutuhan, tapi kuncinya adalah pada mindset. Kali ini kita akan membahas konsep kewirausahaan terbaik untuk bekal kehidupan akhirat.

 

Entrepreneurship dan Spiritual

Karakteristik yang ditonjolkan dalam entrepreneurship adalah tentang kemandiran dan bekerja dengan sungguh-sungguh. Di samping melakukan upaya yang bersifat duniawi, berwirausaha bisa dijalankan sambil memperhatikan aspek spiritual.

Mental entrepreneurship juga sejalan dengan perkembangan agama di dunia. Bukanlah Islam Islam itu sendiri juga merupakan agama kaum pedagang, disebarkan ke seluruh dunia setidaknya sampai pada abad ke 13 M, oleh para pedagang muslim?

Dalam sejarah umat Islam dan banyak bersentuhan dengan kegiatan berdagang. Benar apa yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW, bahwa hendaklah kita berdagang karena di dalamnya terdapat 9 dari 10 persen pintu rizki. Sayangnya, pendidikan mental entrepreneurship belum banyak mendapat perhatian masyarakat kita.

 

Bisnis adalah Berbagi Manfaat

Bisnis bukan hanya untung atau rugi, tapi halal atau haram. Setiap orang tentu tidak ingin kalau darah dagingnya tumbuh dari barang haram. Mereka juga tidak mungkin mau memberi makan keluarga dari sumber yang haram.

Begitu juga seorang pengusaha yang bekerja dengan banyak orang, tidak seharusnya memberi makan keluarga dari sumber  yang haram karena konsekuensinya tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat. Selalu hati-hati dalam melakukan usaha, seperti sabda Rasulullah “setiap daging yabg tumbuh dari barang haram, maka neraka lebih berhak baginya”

Setiap orang pasti menginginkan masa depan yang lebih baik dan membahagiakan dibandingkan sekarang. Hanya orang-orang yang melakukan amal perbuatan yang bermanfaat bagi dunia dan akhiratnya saja yang dapat melakukan kemajuan di masa depan, baik dunia maupun akhirat.

Bahwa kemuliaan seseorang bukan terletak pada kebangsawanan darah, tidak pula pada jabatan yang tinggi, atau uang yang banyak, melainkan pada seberapa besar kita memberi manfaat bagi sekitar.

 

Usaha yang Berkah

Indikator keberkahan itu dapat dirasakan dan dilihat melalui peningkatan kualitas, kuantitas dan produktivitas kerja seseorang.  Semua ikhtiar dalam mengembangkan bisnis yang sedang dijalani itu tentu sah-sah saja untuk dilakukan. Tapi ada baiknya kalau ikhtiar itu diimbangi dengan tujuan untuk meraih keberkahan.

IbizCoaching sebagai lembaga pelatihan bisnis berbasis Life, Spiritual, and Business ini memberi perhatian besar pada aspek SDM dan manajerial, khususnya membangun spirit entrepreneur. Ikuti seminar Your Mind Your Success di Novotel Solo tanggal 30 Mei 2018. Info lebih lengkap hubungi 0811 265 2244.

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Senin,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Senin,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!