5 Kunci Menjadi Pribadi yang Berpengaruh Pada Lingkungan

 

Tanpa menyebutkan dalil dari agama pun pasti kita setuju bahwa manusia yang terbaik adalah yang paling bermanfaat bagi lingkungannya. Kebaikan yang kita lakukan akan menular dan menciptakan kebaikan-kebaikan lain dengan cara yang kadang tidak kita sangka-sangka sebelumnya.

Apa yang menjadi ukuran bahwa kita adalah orang yang bermanfaat? Tentunya kita bisa mulai dengan melakukan sesuatu yang dibutuhkan lingkungan, sehingga orang-orang di sekitar kita merasakan manfaat keberadaan kita dan kita pun bisa menjadi pribadi yang berpengaruh pada lingkungan. Apa saja kunci menjadi pribadi yang berpengaruh pada lingkungan?

 

1.Memperhatikan Keadaan Lingkungan

Memperhatikan keadaan lingkungan bisa menjadi awal yang baik untuk memberi manfaat. Bagaimana akan memberi manfaat kalau tidak tahu apa yang mereka butuhkan? Selalu amatilah perubahan situasi dan kondisi yang dihadapi orang di sekitar Anda untuk tetap memberi kontribusi yang berarti

 

2.Berpikir dan Bersikap Positif

Bagaimana gambaran praktis dari sikap positif itu? Setidaknya selalu lihatlah segala keadaan dari sisi positif dan sudut pandang yang optimis. Ingat bahwa pikiran dan sikap positif bisa menular ke orang lain, sebagaimana pikiran dan sikap negatif. Jadi mengapa tidak memilih yang positif saja?

 

3.Mudah Beradaptasi

Kemampuan beradaptasi atau mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan juga pasti ada pada setiap pribadi yang berpengaruh pada lingkungan. Meskipun kadang bertolak belakang dengan pribadi dan karakter pribadinya, pandailah beradaptasi.

 

4.Pandai Bekerjasama

Pribadi berpengaruh itu tentu saja terkait dengan kebaikan yang kita lakukan seluas-luasnya. Dan kebaikan itu tidak bisa dilakukan sendiri, melainkan harus dilakukan secara bersama-sama. Kerjasama juga membentuk hubungan personal yang intensif dalam pengembangan diri dengan orang lain yang sedang sama-sama bergerak untuk suatu tujuan.

 

5.Tidak Pernah Berhenti Belajar

Belajar itu bisa di mana, kapan saja, dan dari siapa saja. Belajar juga tidak teratas tentang sekolah saja. Belajar dari pengalaman adalah kunci menjadi pribadi yang berpengaruh. Selalu belajarlah tentang hal-hal baru yang memang dibutuhkan. Tidak perlu malu untuk mengakui tentang sesuatu yang belum dikuasai.

Tetap belajarlah meningkatkan ilmu, skill, dan kebijaksanaan diri. Orang yang berilmu tentu lebih bijak dan tidak tergesa-gesa dalam pengambilan keputusan.