3 Langkah Sederhana Tapi Efektif untuk Menghindarkan Anda dari Tumpukan Hutang

 

Meminjam uang pada orang lain atau pada bank sepertinya terlihat biasa dan sangat normal. Bahkan kadang sebagian orang sangat sulit menghindari untuk tidak berhutang. Pernahkah Anda punya  mindset begini: tanpa pinjaman bank bagaimana bisa usaha ini berjalan? Tanpa modal dari pihak X, mana bisa tumbuh? Ya memang meskipun kenyataannya seperti itu, tapi yang penting adalah mindset. Bahwa tidak seharusnya kita mengalami ketergantungan pada hutang

Adakah tips yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan hutang? Ketika menemui keadaan yang memaksa harus berhutang, yang penting, berhutanglah sesuai kemampuan untuk membayarnya. Ketika berhutang di luar kemampuan, itulah yang bisa menyebabkan terperangkap hutang hutang berkepanjangan. Tentunya kita tidak mau itu terjadi. Lakukan pencegahan yang tepat seperti di bawah ini

 

1.Segera Selesaikan Tanggungan Cicilan Anda

Ini adalah soal prioritas dan penting untuk Anda lakukan. Tujuannya adalah untuk membuat keuangan bisa stabil. Sampai hari ini, apa saja cicilan Anda setiap bulan? Rumah, mobil, motor atau yang lainnya? Pada prinsipnya cicilan sama juga dengan hutang yang harus Anda bayar juga. Untuk itu, sebisa mungkin lakukan pembayaran tepat waktu.

 

2.Hindari Berhutang saat Masih Punya Hutang Lain

Jika memang tidak dalam kondisi benar-benar terdesak, sebaiknya Anda jangan pernah berhutang saat hutang lain belum terbayar. Apalagi ketika Anda meminjam bukan untuk kepentingan yang mendesak, Anda berhutang hanya untuk memenuhi keinginan dan bukan untuk kebutuhan. Maka, lunasi terlebih dahulu hutang yang Anda miliki sebelumnya baru kemudian memikirkan kembali apakah akan meminjam lagi atau tidak.

 

3.Bedakan antara Keinginan dan Kebutuhan

Urusan keinginan dan kebutuhan menjadi hal klasik yang selalu diulang-ulang demi kondisi keuangan yang baik. Mau tidak mau Anda harus mengendalikannya agar keuangan tetap aman. Kita tahu bahwa sampai kapanpun keinginan manusia itu tidak akan pernah habis. Yang bisa kita lakukan adalah berusaha menekan keinginan ketika menginginkan sesuatu yang tidak perlu.

Ketika keinginan tidak terkendali, maka sangat mungkin untuk berhutang demi memenuhinya. Mungkin pertama kali memang tidak mudah, namun Anda harus tetap melatihnya untuk membiasakan diri. Ini bisa berlaku untuk urusan pribadi maupun urusan bisnis, mulai yang kecil sampai yang besar pengaruhnya.