Begini Langkah Efektif Merekrut Karyawan Berkualitas untuk Kemajuan Usaha Anda

 

Masalah perekrutan karyawan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan adalah tantangan tersendiri untuk pemilik (owner) perusahaan. Bagi kita yang mungkin baru membuka sebuah usaha kecil-kecilan pun pasti ingin memiliki seorang karyawan yang kompeten di bidangnya. Keberadaan seorang karyawan yang tepat itu bisa membuat usaha yang kita kembangkan menjadi lebih cepat berkembang.

Karyawan bukan lagi hanya dipandang sebagai orang yang bekerja berdasarkan job description, tetapi karyawan berkualitas merupakan aset yang bisa menghasilkan kinerja bisnis menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Apa saja langkah efektif merekrut karyawan berkualitas untuk kemajuan usaha Anda?

 

1.Menentukan Kriteria yang Jelas

Ketika Anda ingin merekrut karyawan berkualitas untuk kemajuan usaha, pertama-tama harus menentukan kriteria yang jelas. Kualitas kemampuan seperti apa yang dicari? Setelah menentukan kriteria yang jelas, berikutnya Anda perlu membuat prioritas kriteria. Contoh kriteria yang jadi prioritas awal adalah kejujuran. Setelah itu, kriteria bisa disesuaikan kebutuhan

 

2.Mengenali Aktivitas Mereka melalui Media Sosial

Menggali aktivitas online bisa dilakukan dengan cara melihat social media yang mereka miliki. Kekuatan media sosial kini sudah lebih besar dibanding dahulu sejak diciptakannya bermacam-macam situs media sosial. Selain untuk bertegur sapa dengan teman-teman, media sosial bisa menjadi cerminan karakter seseorang. Melalui postingan di media sosialnya, pihak perekrut jadi lebih mudah mengetahui bagaimana mereka memandang sesuatu, bagaimana berinteraksi, dan apa saja yang menarik baginya. Langkah ini penting untuk bisa melihat lebih jauh dari sekedar curriculum vitae.

 

3.Memetakan Potensi Karyawan

Pemetaan potensi ini dilakukan dengan mengetes kepribadian para pelamar kerja. Tes yang biasa diberikan untuk memetakan potensi karyawan adalah tes MBTI. Tes MBTI adalah singkatan dari Myers-Birggs Type Indicator (MBTI) yang merupakan psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan.

 

4.Memasang Iklan Lowongan di Tempat yang Sesuai

Semakin banyak pilihan kandidat yang diseleksi, tentu semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan karyawan berkualitas. Tempat pemasangan iklan juga ikut berpengaruh terhadap hasil yang diharapkan. Ada baiknya untuk mencari tahu dulu sumber yang dipercaya orang untuk mendapat info pekerjaan. Pemasangan iklan online juga tidak hanya satu website saja. Jadi, daripada hanya memasukkan lowongan ke direktori pencarian kerja, pasang info itu di beberapa website yang tujuannya memberi informasi.

Pada intinya, seorang owner tidak bisa lagi kerja sendiri. Lakukan langkah-langkah di atas untuk mendapatkan karyawan berkualitas.

 

Untuk bisa mengetahui sistem rekrutmen yang efektif, ikuti seminar ‘Integrated Recruitment System’ dari iBizCoach (Indonesia Business Coaching) yang akan dilaksanakan tanggal 24 Januari 2018. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.